Percepatan Tol Bawen-Solo Butuh Rp 600 Miliar


Percepatan Tol Bawen-Solo Butuh Rp 600 Miliar
31/03/2010 17:51:34 WIB
SEMARANG, investorindonesia.com
Percepatan pembangunan jalan tol Bawen-Solo dari target 2015 menjadi 2014 membutuhkan subsidi dari pemerintah sekitar Rp 600 miliar.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Nurdin Manurung menjelaskan hal itu di sela acara konsultasi regional Kementerian Pekerjaan Umum Wilayah Barat Tahun 2010 di Semarang, Rabu (31/3).

Dia mengatakan, jalan tol Bawen-Solo secara hitung-hitungan bisnis untuk layak menjadi jalan tol pada tahun 2015. Akan tetapi, lanjut dia, jika ingin dipercepat pembangunannya, membutuhkan subsidi dari pemerintah sebesar Rp 600 miliar. “Ini usulan dari kami. Tahun ini sudah sampai Bawen. Jadi, anggaran masuknya tahun 2011 untuk Bawen-Solo,” katanya.

Untuk menambah 700 kilometer jalan tol yang ada sekarang ini, Nurdin menargetkan pembangunan jalan tol untuk lima tahun mendatang mencapai 800 km.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo di hadapan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan bahwa saat ini ada beberapa kegiatan strategis infrastruktur pekerjaan umum yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Sejumlah pekerjaan yang sedang berjalan, yakni di bidang sumber daya air berupa pembangunan Waduk Jatibarang dan normalisasi Banjir Kanal Barat yang saat ini memasuki tahap persiapan pelaksanaan dan diharapkan dapat selesai 2014.

“Irigasi Kalilanang sudah dilaksanakan sejak 2009 dan ditargetkan selesai 2012 dengan cakupan layanan irigasi seluas 1.900 hektare,” kata Bibit Waluyo seperti dikutip Antara.

Sementara untuk pembangunan jalan tol Trans-Jawa banyak yang masih dalam proses pengadaan tanah, seperti ruas Pejagan-Pemalang (57,5 km), Pemalang-Batang (39,2 km), dan Batang-Semarang (75 km). Khusus ruas Kanci-Pejagan (12 km) konstruksinya sudah 100%.

Kegiatan lain, yakni pembangunan tol Semarang-Solo (75 km) yang dibagi dua seksi, yakni seksi I Semarang-Ungaran (14,1 km) terdiri atas tiga paket dengan progres fisik, paket pertama 60,48%, paket kedua 74,29%, dan paket tiga 18,83%.

“Seksi II Ungaran-Bawen (9 km) sedang dalam proses pengadaan lahan 64 persen dan saat ini sedang persiapan proses lelang konstruksi,” katanya. (tk)

++++

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 86 other followers

%d bloggers like this: