3 Provinsi Terbaik dalam Rencana Pembangunan


3 Provinsi Terbaik dalam Rencana Pembangunan
Tiga provinsi itu juga dinilai memiliki dokumen RPJMD terbaik dibandingkan provinsi lain.
RABU, 27 APRIL 2011, 16:44 WIB Syahid Latif, Anda Nurlaila

VIVAnews – Sebanyak 3 dari 33 provinsi yang ada di Indonesia dinilai memiliki perencanaan pembangunan terbaik. Ketiga provinsi itu yaitu Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi, dan Jawa Barat (Jabar) dianggap sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah, sehingga layak memperoleh penghargaan anugerah Pangripta Nusantara.

“Ketiga daerah ini memenuhi empat persyaratan dalam hal perencanaan pembangunan,” kata Deputi Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Max Hasudungan, di sela Sidang Pleno Kesepakatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2011 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 27 April 2011.

Menurut Max, ketiga provinsi itu juga dinilai memiliki dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dengan kualitas terbaik dibandingkan provinsi lainnya.

Dalam melakukan penilaian terhadap rencana pembangunan daerah, Bappenas setidaknya menerapkan empat kriteria yaitu keterkaitan antara dokumen RPJMD dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) nasional, konsistensi kegiatan, kelengkapan dan kedalaman perencanaan, serta keterukuran dan penyediaan pagu anggaran dalam jangka menengah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel, Yohannes Hasiholan Toruan, menyatakan, selama ini fokus perencanaan di wilayahnya adalah mensinergikan RPJMD 15 kota/kabupaten dengan RPJM Provinsi dan RPJM Nasional.

Pada 2009, Sumsel mencatat pencapaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Rp3,4 triliun, naik dari tahun sebelumnya Rp2,8 triliun. Sementara itu, pada 2011, anggaran direncanakan mencapai Rp3,8 triliun dan 2012 menembus Rp4,2 triliun.

Yohannes menyatakan, adanya agenda pesta olah raga Sea Games dan Jambore Nasional dipastikan akan menyebabkan penyediaan sarana infrastruktur terpenuhi.

Dari target pertumbuhan ekonomi daerah sebesar 5,6 persen tahun ini, ekonomi Sumsel tumbuh 6,4 persen hingga Maret. Tahun depan, Sumsel menargetkan ekonomi tumbuh 6,5 persen dengan proyeksi anggaran sebesar Rp4 triliun.
“Ada ramalan BPS (Badan Pusat Statistik) bahwa setelah perhelatan besar, ekonomi akan turun menjadi 5,5 persen. Anggaran besar kami harap dapat mencapai target penurunan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Jambi Ahmad Fauzie Ansori menyebut, pembangunan di provinsinya dilakukan melalui lima program infrastruktur yang diselaraskan dengan rencana nasional. Adapun nilai APBD 2011 ditaksir Rp1,68 triliun menjadi Rp1,8 triliun pada 2012 dan pada 2015 sebesar Rp2,5 triliun. APBD itu di antaranya untuk infrastruktur dan investasi.

Jawa Barat yang merupakan provinsi ketiga peraih predikat daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik menargetkan menjadi provinsi termaju pada 2025. Kepala Bappeda Jawa Barat Deny Djuanda mengatakan, RPJMD 2008-2013 bertujuan menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi mandiri untuk membuka jalan bagi visi 2025.

Namun kendalanya, dia melanjutkan, jumlah penduduk di Jawa Barat cukup besar. Porsi penduduk produktif juga besar serta kualitas sumber daya manusia rendah.
“Penduduk Jawa Barat 43 juta orang, 31 juta di antaranya berusia 15 tahun ke atas. Sedangkan rata-rata pendidikan 7,5 tahun atau tak tamat sekolah menengah pertama. Inilah yang menjadi tantangan,” ungkapnya. (art)
• VIVAnews

About these ads

One Comment to “3 Provinsi Terbaik dalam Rencana Pembangunan”

  1. Bagus nih sudah ada penilaian kualitas perencanaan ya. Tapi koq kriterianya susah didapat ya. Bagi dong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 81 other followers

%d bloggers like this: