Hambalang Serempet Lingkaran Ani Yudhoyono


Rabu, 29/05/2013 | 12:05 WIB

JAKARTA – Dua kasus megakorupsi menyerempet Cikeas–sebutan untuk orang-orang dilingkaran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pasca diduga sahabat SBY, pengusaha Sengman Tjahja terseret dugaan korupsi suap impor sapi, kini giliran orang dekat Ani Yudhoyono yang tersandung kasus korupsi Hambalang.

Ada dua nama yang diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yaitu Sylvia Sholehah alias Ibu Pur dan Widodo Wisnu Sayoko. Menurut penyidikan, nama Widodo disebut oleh tiga orang tersangka kasus ini.

Ironis, karena di saat bersamaan kasus proyek sport center ini seakan-akan dimasukkan peti. Buktinya hingga kini, 4 orang tersangkanya– mantan Kabiro Keuangan dan Rumah Tangga Kemenpora Deddy Kusdinar, mantan Menpora Andi Alfian Mallarangeng, Direktur Operasional I PT Adhi-Wika, Teuku Bagus Muhamad Noor plus mantan Ketua Umum Demokrat, Anas Urbaningrum yang disangkakan pasal gratifikasi–belum juga ditahan.

“Memang ada pemeriksaan dua nama itu,” ujar Juru bicara KPK Johan Budi saat dikonfirmasi Rabu (29/5).

Sekadar diketahu, Selasa (28/5) petang KPK memeriksa seorang saksi yang disebut-sebut orang dekat Ani Yudhoyono. Saksi ini bernama Sylvia Sholehah.

Seusai diperiksa KPK, Sylvia bungkam. Perempuan yang dikawal seorang pria berbaju putih ini hanya diam sambil menutupi wajahnya dengan kerudung. Sylvia datang ke kantor KPK dengan mengenakan kerudung hitam dengan motif bunga kuning. Perawakannya kurus dan berkulit putih. Sylvia meninggalkan gedung KPK dengan menggunakan taksi putih.

Johan mengatakan Silvya diperiksa sebagai saksi untuk kasus Hambalang. Namun Johan tidak merinci apakah Silvya yang disebut dekat dengan Ibu Negara Ani Yudhoyono ini memberikan keterangan terkait sejumlah tersangka Hambalang.

Seorang lelaki yang disebut-sebut orang dekat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Widodo Wisnu Sayoko juga diperiksa KPK.

Widodo dimintai keterangan sebagai saksi untuk kasus dugaan korupsi proyek Stadion Hambalang di Bogor. Seusai diperiksa pada Selasa petang, 28 Mei 2013, Widodo duduk sejenak di kursi lobi KPK.

Sesaat sebelum azan maghrib berkumandang, dia berjalan menuju mushola yang terletak di samping lobi. Seusai salat, Tempo bertanya kepada Widodo, apakah dia diperiksa terkait tersangka Hambalang, Andi Mallarangeng.

Menjawab pertanyaan itu, Widodo mengatakan, “Saya enggak diperiksa. Saya mengantar Ibu.” Tak jelas Ibu siapa yang dia maksud. Kepada wartawan yang mencegat dan mengejarnya, Widodo juga mengelak semua pertanyaan. “Saya enggak pernah,” ujarnya sambil berlalu.

Lelaki yang mengenakan kemeja berwarna merah muda ini kemudian berlari menghindari kerumunan dan kejaran wartawan. Dia melintasi Jalan Kuningan melalui jembatan penyeberangan, hingga sampai di depan Gedung Esia. Widodo yang sempat terlihat bingung kemudian memanggil tukang ojek di sekitar Gedung Esia. Lelaki itu ‘melarikan diri’ dengan naik ojek motor.

Johan Budi sendiri membenarkan komisi anti-rasuah hari ini memeriksa Widodo Wisnu Sayoko sebagai saksi dalam kasus Hambalang. “Benar, kami periksa dia sebagai saksi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, nama Widodo muncul dari hasil pemeriksaan tiga tersangka kasus Hambalang, yaitu mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, pejabat pembuat komitmen Deddy Kusdinar, dan mantan Direktur Operasional PT Adhi Karya Teuku Bagus Muhammad Noor.Ditanya soal benar-tidaknya Widodo adalah kerabat Presiden SBY, Johan mengaku tidak tahu.

Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Marzuki Ali menyatakan tidak tahu ihwal hubungan Widodo Wisnu Sayoko dengan Presiden SBY. “Saya enggak tahu,” ujar Marzuki.

Dia juga mengaku belum pernah mendengar nama pria itu sebelumnya. “Belum pernah dengar.” Ketua DPR RI pun berkata, dirinya tidak mengikuti perkembangan pemeriksaan kasus Hambalang itu sendiri. “Saya enggak ngikuti.”tmp,kcm

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 76 other followers

%d bloggers like this: