TNI AL minati kapal induk


Harusnya TNI minta ke PT PAL untuk membangun kapal induk .Jangan lagi beli kapal bekas. Cukup lah pembelian kapal perang eks Jerman Timur..

SEJUMLAH NEGARA MINATI KAPAL INDUK BEKAS ANGKATAN LAUT SPANYOL

 5/28/2013  No comments
Kapal induk Spanyol Principe de Asturias
Kapal induk Spanyol Principe de Asturias di Samudera Atlantik saat latihan Majectic Eagle 2004
(Foto : US Navy)
Dari rumor yang beredar baru-baru ini di media Spanyol, Filipina dan beberapa negara Arab telah menyatakan minatnya untuk membeli kapal induk Angkatan Laut Spanyol “Principe de Asturias”. Disebutkan, kontrak penjualannya nanti akan mencakup reparasi dan upgrade oleh galangan kapal Spanyol Navantia.Juga dilaporkan (lavozdigital.es) bahwa Indonesia juga pernah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi kapal induk ini. Namun setelah kunjungan resmi delegasi TNI AL ke pangkalan Angkatan Laut El Ferrol Spanyol untuk memeriksa Principe de Asturias pada akhir Maret lalu, Indonesia dikabarkan memutuskan untuk tidak membeli kapal induk ini. Walau tidak ada tindak lanjut dari Indonesia, pihak Spanyol tetap membuka pintu bagi Indonesia untuk kemungkinan penjualan.

Kapal induk Principe de Asturias secara resmi dinonaktifkan pada Februari 2013, untuk dipisah menjadi bagian-bagian kecil. Namun rencana awal ini berubah setelah Departemen Pertahanan Spanyol dikabarkan menerima permintaan penjualan kapal induk ini dari beberapa negara. Angkatan Laut Spanyol mengatakan sudah ada pembeli potensial (kemungkinan Filipina), namun belum terwujud dalam transaksi penjualan.

Penjualan kapal induk ini menjadi skenario terbaik untuk masa depan kapal ini. Di satu sisi, akan mengalirkan uang ke kas negara dan untuk Angkatan Laut Spanyol, di tengah pemotongan anggaran akibat krisis ekonomi. Namun skenario penjualan ini dinilai masih sangat “jauh”.

Principe de Asturias adalah kapal induk buatan galangan kapal Bazan (Navantia) Spanyol. Diluncurkan pada tahun 1982 dan masuk ke jajaran Angkatan Laut Spanyol baru pada tahun 1988. Kapal ini memliki panjang 195,9 meter dan lebar 24,3 meter. Total kapal induk yang memiliki kecepatan 26 knot ini bisa membawa 29 pesawat dan helikopter.
Site Meter

Apa mungkin militer asing akan membeli kapal ini? Tentunya militer asing harus berpikir matang karena kapal induk ini akan membutuhkan biaya upgrade yang tidak sedikit.
About these ads

One Comment to “TNI AL minati kapal induk”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 84 other followers

%d bloggers like this: