Saingan Airfast – Nyaman Air


Nyaman Air operasikan dua helikopter

JAKARTA (bisnis.com): Maskapai carter Nyaman Air telah mengoperasikan dua helikopter Eurocopter AS 350 sejak Agustus tahun ini.

Quality Assurance Manager Indonesia/Malaysia Nyaman Air Azhar Arif mengatakan kepastian itu mengacu lisensi terbang tidak berjadwal atau air operator certificate (AOC) 135-042 yang diterbitkan Ditjen Perhubungan Udara sejak 1 Agustus 2008.

“Kami mulai operasi sejak Agustus di Sorong, Papua, untuk melayani mining company,” katanya di kantornya Bilangan Mega Kuningan Jakarta hari ini.

Menurut dia, Nyaman Air merupakan perusahaan penerbangan patungan Indonesia-Australia dengan kepemilikan saham 51%:49% yang beroperasi secara nyata dengan menjalankan dua pesawat helikopter di Tanah Air.

Azhar menyatakan pihaknya juga telah memiliki Surat Izin Angkutan Udara Tak berjadwal yang dikeluarkan Ditjen Perhubungan Udara Departemen Perhubungan No. SKEP/74/IV/2008 pada 9 APril 2008.

Penegasan itu membantah pernyataan Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Dephub Tri S. Sunoko yang menyebutkan Nyaman Air masuk dalam maskapai yang tidak beroperasi. “Padahal kami memiliki SIUP dan AOC yang ditandatangi langsung oleh Dirjen Perhubungan Udara Budhi M. Suyitno,” ungkap Azhar.

Akibat dimasukkannya Nyaman Air dalam daftar maskapai yang tidak beroperasi, Azhar menyatakan pihaknya banyak mendapatkan pertanyaan dari pelanggan. Saat ini, Nyaman Air telah mengantongi kontrak carter pesawat jangka panjang dari PT Minarco Services Indonesia untuk pengoperasian helikopter guna mendukung eksplorasi perusahaan tambang itu.

“Pada tahun depan kami juga akan menambah satu pesawat lagi guna memenuhi perintaan pelanggan,” ujar Azhar.

Nyaman Air, sebelumnya dimasukkan dalam 31 maskapai yang belum beroperasi oleh Direktorat Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Dephub pada 22 September lalu. Maskapai carter itu dimasukkan dalam list maskapai yang terancam dicabut mulai 25 Juni 2009 atau setahun setelah berlakunya Peraturan Menhub (Permenhub) No. KM 25/2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara.

Sesuai dengan Permenhub No. KM 25/2008 Bab VII Pasal 100, pemegang izin usaha angkutan niaga dan bukan niaga yang tidak beroperasi berturut-turut selama setahun secara otomatis izin usahanya tidak berlaku. (t

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: