KISRUH GARUDA VS BANDARA TIMIKA


Rabu, 06 Januari 2010 | 10:46

JAKARTA. Kisruh antara Freeport dan Garuda Indonesia terkait dengan pasokan bahan bakar avtur terus berlanjut. Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan, perusahaan minyak plat merah, PT Pertamina (Persero) bisa mengambil alih penyaluran bahan bakar avtur di bandara internasional Timika dari Freeport.

Hal itu disampaikan oleh Menteri BUMN, Mustafa Abubakar. Setelah mendengar kisruh tersebut, Mustafa mengaku segera meyuruh deputinya untuk memanggil pihak Pertamina dan Garuda. Pemanggilan itu terkait dengan rapat untuk mencari solusi atas permasalahan ini. Selain itu juga, rapat tersebut juga melibatkan pihak Departemen Perhubungan.

“Saya sudah dengar soal itu. Kalau Freeport masih sanggup, ya silakan pakai pola yang sudah ada. Kalau masih ada kekurangan silakan diatur ulang,” kata Mustafa, Selasa (05/01).

Mustafa membantah jika Pertamina melupakan tanggung jawabnya untuk memberikan pasokan. Karena sesuai dengan perjanjian, Pertamina hanya memberikan pasokan bahan bakar ke depo Surabaya. Selanjutnya, pihak Freeport yang akan membawa bahan bakar tersebut ke Timika. “Jadi jangan ada anggapan Pertamina tidak memberikan kelancaran avtur kepada Timika,” jelasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Pertamina, Basuki Trikora Putra mengatakan, Pertamina masih harus mengkaji jika harus menyediakan kesiapan pasokan. Ia membenarkan bahwa Pertamina tidak memiliki operasi pengisian pesawat di Bandara Moses Kilangin, Timika, ntuk melayani penerbangan. Kepemilikan dan pelayanan avtur dan sarana fasilitas dilaksanakan oleh Avco yakni sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Freeport dan Airfast.

“Pembelian avtur oleh Avco dilakukan dan dilaksanakan sendiri di Pertamina Surabaya sehingga sepenuhnya menjadi tanggung jawab AVCO. Selama ini kebutuhan Avco dapat dipenuhi Pertamina Surabaya sesuai dengan kebutuhannya,” ujar Tiko.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: