Pemerintah Berencana Membuat Pulau Buatan dari Lumpur


Detik.com
Sidoarjo – Pemerintah berencana membuat pulau buatan dari luapan lumpur yang menyembur di Porong, Sidoarjo. Pasalnya karakteristik lumpur hampir sama dengan laut. Kedepan pulau buatan itu dijadikan ‘Geo Eco Tourism Park’.

“Nantinya pulau yang saat ini kita tanami mangrove disiapkan menjadi ‘Geo Eco Tourism Park’. Karakternya hampir sama dengan laut,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad dalam sambutannya usai menanam pohon mangrove di Pulau Lumpur di Desa Telocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Sabtu (30/1/2010).

Fadel mengungkapkan mangrove menjadi penyerap polutan, pelindung pantai, dan meredam ombak tapi bisa dimanfaatkan untuk kerajinan dan menambah penghasilan.

“Buah mangrove mengandung vitamin c, dibuat dodol, serta bisa digunakan untuk bahan pewarna batik,” ungkapnya.

Dalam acara penanaman mangrove juga diikuti dua menteri lainnya yakni Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto yang sebelumnya meresmikan tiang pancang jalan arteri pengganti Jalan Raya Porong dan menghubungkan Gempol.

Sedangkan, Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta rencananya meresmikan pemanfaatan kapal keruk di tanggul penahan lumpur.

Fadel meminta kepada Gubernur Jatim Soekarwo, untuk menyiapkan 1 juta bibit mangrove untuk ditanam di pulau lumpur. Dia juga meminta ikan dan udang dilepas di kawasan itu dengan harapan biota laut disana bisa hidup kembali.

“Saat ini sudah disiapkan 50 ribu bibit mangrove untuk ditanam. Tapi untuk menindaklanjuti permintaan Pak Gubernur yang ingin menjadikan kawasan ini sebagai kawasan wisata, saya minta tolong disiapkan 1 juta bibit mangrove,” tandasnya.

(ze/wln)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: