NOVOTEL BALI BENOA, Menggabungkan Nuansa Tradisi dan Modern


NOVOTEL BALI BENOA, Menggabungkan Nuansa Tradisi dan Modern
31/01/2010 14:56:35 WIB
Oleh Abdul Muslim

Memasuki halaman kompleks dan lobi Novotel Bali Benoa, tamu akan disambut staf penerima tamu dengan pakaian khas Bali yang ramah. Selanjutnya, tamu akan langsung merasakan suasana dan layanan resor ini berbeda dengan hotel dan resor yang terletak di sekililingnya di kawasan Tanjong Benoa, Nusa Dua.

Lingkungannya yang bertaman mungkin sama hijau dan asrinya, namun Novotel Bali Benoa mampu memadukan antara desain dan nuansa Bali dengan layanan fasilitas yang modern. Area lobi di resor ini merupakan bagian dari sebuah bangunan rumah tradisional khas Bali yang sangat besar, luas, lapang, dan terbuka.

Area lobi menyatu dalam satu bangunan yang juga memiliki fungsi untuk ruang resepsionis, kemudian ada Nanas Bar, dan Uluwatu Kafe yang terletak di bagian paling belakang. Bangunan ini kalau diumpamakan seperti rumah joglo di Jawa, namun multifungsi. Bangunannya juga sangat terbuka karena hampir tidak ada tembok pembatasmya dari bagin lobi hingga ke Uluwatu Kafe.

Bagian lantai bangunan tersebut sebenarnya dikonstruksi dengan menggunakan bahan material yang modern mengaggunakan semen, namun bagian tiang penyangga, pasak, dan atapnya lebih banyak mengadopsi bahan dan desain rumah tradisi khas Bali, yang banyak menggunakan bahan kayu. Penutup atapnya juga menggunakan ilalang yang dianyam rapi, yang menegaskan karakter tradisi Bali.

Sementara itu, bagian tembok bangunan lainnya yang mencakup kamar resor, cabanas, dan vila dibangun dengan material semen, seperti umumnya bangunan di kota besar. Namun, atapnya lagi-lagi memakai penutup ilalang seperti di atap lobi.

“Kami memang sengaja memadukan desain bangunan tradisi Bali dengan fasilitas yang modern, untuk membedakan dengan akomodasi di lingkungan ini agar dapat menarik para tamu,” ujar Asisstant Front Office Manager Novotel Bali Benoa Gusti Ayu Agung Utari Triandani.

Novotel Bali Benoa lebih tepat disebut sebagai resor karena meyediakan fasilitas kamar hotel, cabanas, dan vila, serta banyak dikunjungi tamu untuk berlibur. Namun, hotel ini juga menerima tamu pebisnis karena menyediakan ruangan pertemuan.

Sebagai salah satu fasilitas akomodasi terkemuka di Bali, resor ini menyediakan program ‘Family & Novotel’ bagi tamu keluarga. Selain menyediakan fasilitas dan layanan kemewahan orang dewasa, resor ini juga menyediakan Kids Club, dan dilengkapi semua fasilitas mainan dan permainan terbaru untuk anak-anak.

Novotel Bali Benoa terletak tepat di tepi pantai Nusa Dua, yang memiliki pasir putih bersih. Lokasinya hanya 20 menit perjalanan darat dari Bandara Internasional Ngurah Rai dan 10 menit ke Bali Collection Shopping Mall. Lokasinya memungkinkan Anda berada di lokasi yang strategis terhadap akses semua tempat wisata di Bali.

Kamar

Novotel Bali Benoa menyediakan 180 kamar, 10 cabanas, dan delapan vila. Semua jenis akomodasi itu memiliki keunggulannya masing-masing yang bisa menjadi alternatif pilihan bagi para tamu, sesuai kebutuhan dan jumlah anggota rombongan. Namun, semuanya didesain dengan meggabungkan khas tradisional Bali dan modern.

Tipe kamar di resor ini terdiri atas empat tipe, yakni 120 Deluxe, empat Family, 42 Tropical Terrace, dan tiga kamar Family Suite. Jika kamar Deluxe lebih cocok untuk tamu pasangan, kamar Family cocok untuk keluarga karena tempat tidurnya lebih banyak dan sediakan perlengkapan permaianan anak-anak.

Sementara itu, Beach Cabanas yang merupakan bungalo memiliki bentuk seperti vila, tapi lebih terbuka dan tidak dilengkapi dengan kolam renang. Sedangkan Private Pool Villa lebih eksklusif karena sekelilingnya di pagar tembok dan memiliki fasilitas yang lebih mewah. Vila di resor ini ada dua tipe, yakni tujuh Private Pool Villas yang memiliki satu kamar tidur dan satu Private Beach Pool Villa yang memiliki dua tempat tidur.

Setiap vila dilengkapi kolam renang pribadi, memiliki ruang udara terbuka, kamar mandi udara terbuka dengan jacuzzi, shower, sebuah home theater, dan ruang ganti yang luas. Sedangkan Private Beach Pool Villa memiliki pemandangan yang menakjubkan ke lautan.

Semua kamar juga dilengkapi teras atau balkon, akses internet wifi berkecepatan tinggi, safe deposit box, fasilitas pembuat teh/kopi, TV kabel, pengering rambut, layanan kamar 24 jam, sebuah AC, kamar mandi dengan bathtub/ shower, setrika berdasarkan permintaan, jasa binatu, mini bar, dan sandal.

Tingkat okupansi Novotel Bali Benoa saat ini sekitar 70-80%, dengan tamu yang datang musiman, yakni Juli-September didominasi oleh tamu dari Eropa dan Amerika. “Sedangkan pada momen tahun baru Imlek yang tahun ini jatuh pada bulan Februari didominasi tamu keturunan Tiongkok asal Tiongkok, Taiwan, dan Indonesia,” kata Utari.

Ruang Pertemuan

Novotel Bali Benoa juga menyediakan dua ruang pertemuan dengan kapasitas hingga 100 orang. Ruangan dilengkapi dengan fasilitas akses internet wifi dan fasilitas pertemuan lainnya. Jika tamu membutuhkan privasi atau tempat yang lebih nyaman untuk berhubungan dengan relasi bisnis atau keluarga, tempat ini juga menyediakan sebuah business center yang dilengkapi akses internet.

Internet wifi juga bisa diakses di kamar, di tempat umum, tentunya dengan meminta password ke bagian resepsionis. Resor ini juga menyediakan fasilitas pencetakan, fotokopi, fax, dan scanning

Advertisements

One Comment to “NOVOTEL BALI BENOA, Menggabungkan Nuansa Tradisi dan Modern”

  1. Hello, this weekend is nice in favor of me, since tis point in time i am reading this
    imprerssive educational article here at my residence.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: