BI Akan Bersikap Keras Kepada Pemilik dan Manajemen Bank Eksekutif


Sabtu, 20/02/2010 14:41 WIB
BI Akan Bersikap Keras Kepada Pemilik dan Manajemen Bank Eksekutif
Ramdhania El Hida – detikFinance

Jakarta – Seperti tak mau mengulangi kesalahan yang terjadi pada Bank Century, Bank Indonesia (BI) akan bersikap keras kepada pemilik dan manajemen PT Bank Eksekutif Tbk yang tengah mengalami persoalan sulit.

Deputi Gubernur BI Budi Rochadi mengatakan BI akan menegaskan dengan keras kepada pemegang saham dan manajemen Bank Eksekutif untuk berkomitmen menyehatka bank ini lagi.

“Kita akan keras pada kepemilikan dan managemen. Dalam Undang-undang kita sudah jelas apa tindakan yang akan kita lakukan,” tukas Budi di sela acara Pencanangan Gerakan Indonesia Menabung dan Peluncuran Produk Tabunganku, di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, Sabtu (20/2/2010).

Budi berharap permasalahan ini tidak terlalu dibesar-besarkan. Hal tersebut hanya akan membuat investor baru merasa khawatir untuk membeli Bank Eksekutif. Ia juga berharap agar masyarakat umum menyerahkan permasalahan ini kepada BI.

“Ini bank di masa lalu normal, kita sudah perbaiki lebih baik dari masa lalu jangan terlalu diributkan ini. Percayakanlah pada kami,” harap Budi.

Di tempat yang sama, Pjs Gubernur BI Darmin Nasution mengatakan keadaan Bank Eksekutif saat ini bisa dikatakan lebih baik walaupun memang terkait masalah NPL (Kredit Bermasalah). Namun, Darmin menyatakan pihak Bank Eksekutif telah berjanji untuk segera menyelesaikan masalah tersebut.

“Sekarang eksekutif masih cukup baik tapi memang masih ada persoalan NPL tapi kita sudah dapat janji dengan yang bersangkutan (Bank Eksekutif). Upaya yang bertahap,” ungkap Darmin.

Selain itu, Budi dengan tegas menyatakan kasus Bank Eksekutif tidak akan memberikan dampak sistemik bagi industri perbankan nasional. Kondisi Bank Eksekutif saat ini telah jauh membaik dibanding sebelumnya.

“Mudah-mudahan tidak berdampak sistemik. Jangan dibuat sistemik lah,” tegasnya pada kesempatan yang sama. (nia/dnl)

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: