Inilah “Dosa” Sjahril Johan Menurut Susno


Inilah “Dosa” Sjahril Johan Menurut Susno

JAKARTA, KOMPAS.com – Nama SJ yang diasosiasikan sebagai Sjahril Djohan tiba-tiba saja terkenal di negeri ini. Adalah Komjen Pol Susno Djuadji mantan Kabareskrim dalam rapat kerja tertutup di DPR beberapa waktu lalu menyebut sosok SJ.
SJ seperti dituduhkan Susno adalah makelar kasus kelas wahid yang ada di Mabes Polri. SJ juga disebut punya “memeo sakti” dalam mengatur institusi Polri, termasuk mencopot, mengangkat dan memindahkan jajaran Jendral.
Dalam beberapa perkara, SJ beraksi bersama Haposan dan Andi Kosasih. Keduanya terlibat dalam kasus korupsi pajak yang melibatkan mantan pegawati Ditjen Pajak Gayus Tambunan. “Haposan-nya sama, Andi Kosasih-nya sama, jaksanya sama, hakimnya sama dan Mr X-nya (Susno saat itu masih menyebut SJ dengan sebutan Mr X) juga sama,” tutur Susno saat mengungkap sebuah kasus yang terindikasi terlibat praktik mafia hukum.
Nilai kasus ini jauh lebih besar daripada kasus Gayus Tambunan yang “hanya” Rp 28 miliar. Modal awal perusahaan yang terlibat kasus itu saja mencapai Rp 100 miliar dengan investasi tambahan berupa bibit ikan arwana dan tenaga ahli senilai Rp 32 miliar.
Perusahaan yang dimaksud Susno adalah PT Salmah Arrowana Lestari. Perusahaan itu terlibat dalam sebuah sengketa. Menurut Susno, para makelar kasus bermain dalam sengketa itu dengan mengubah kasus perdata menjadi pidana.
Perkara pidana yang membelit perusahaan ini berawal dari pecah kongsinya dua pemilik PT Salmah: Anwar Salmah alias Amo, 61 tahun, pengusaha lokal di Riau, dan Ho Kian Huat, pengusaha asal Singapura. Salamah bertugas mengembangbiakkan ikan arwana sedangkan Ho Kian bertugas memasarkan.
Sengketa muncul pada 2002 saat Amo memutuskan “jalan sendiri” dan mulai “potong kompas”: menjual langsung arwana ke Jepang. Perseteruan pun dimulai. Dua belah pihak saling tuntut.
Ho Kian, yang merasa ditipu, mengadukan Amo ke Mabes Polri dengan tuduhan penggelapan. Pengacara yang membantu Ho Kian untuk perkara ini adalah Haposan Hutagalung. Pada Maret 2008, pengacara Amo, Johny Irianto, balik melaporkan Ho Kian ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik. Pihak Amo tak terima dengan tuduhan penggelapan karena ini masalah perdata.
Amo juga menggugat Ho Kian secara perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Tahun lalu, majelis hakim memenangkan Amo dalam sengketa ini. Putusan pengadilan negeri ini dikuatkan dalam putusan banding Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.
Kejanggalan mulai muncul. Pihak Amo mulai heran dengan sikap polisi yang bersikeras meneruskan kasus pidana yang dilaporkan Ho Kian sebelumnya. Susno pun mengaku mencium keanehan ini. Susno sejak awal yakin bahwa kasus ini adalah perdata bukan pidana. Di sini lah peran Sj dan kawan-kawan: memutar kasus dari perdata ke pidana.

detikcom – Jakarta, SJ atau Syahril Johan, tidak berada di rumahnya di Jl Rasamala VIII/10 Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Menurut Ketua RT setempat, jika tidak pulang ke rumah, SJ menginap di apartemen di Casablanca, Jakarta Selatan.

“Kalau tidak pulang ke rumah, kadang-kadang tidur di apartemen di daerah Casablanca. Tapi saya nggak tahu nama apartemennya apa,” ujar Ketua RT 1/10 Kelurahatan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, Syahrudin kepada detikcom, di dekat rumah SJ, Sabtu (10/4/2010).

Menurut Syahrudin, SJ kerap pergi ke Australia. Bahkan SJ pergi hingga berbulan-bulan di negeri Kangguru itu.

“Yang saya tahu dia sering pergi ke Australia, sampai berbulan-bulan. Mungkin dia punya rumah di sana,” terang Syahrudin.

Sementara itu pantauan detikcom, rumah SJ mewah dan besar. Rumah dua tingkat itu berpagar hijau dengan tinggi 2,5 meter. Tidak terlihat garasi di rumahnya. Syahril tinggal di rumah itu sejak sekitar tahun 1980. Dia tinggal bersama istri, dua orang anak dan tiga cucunya.

Salah seorang pembantu SJ yang tidak mau disebut namanya mengaku, majikannya sedang tidak ada di rumah. “Nggak ada, kosong. Nggak tahu ke mana,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: