Chairul Tanjung Baru Lepas Carrefour ke Bursa di 2015


Rabu, 12/05/2010 14:00 WIB
Chairul Tanjung Baru Lepas Carrefour ke Bursa di 2015
Suhendra – detikFinance

Jakarta – Nama Carrefour saat ini mulai melekat dengan Chairul Tanjung, pemilik 40% saham PT Carrefour Indonesia (Carrefour) ini baru akan melakukan pelepasan saham perdana (initial public offering/IPO) Carrefour pada tahun 2015.

Chairul Tanjung yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama Carrefour mengatakan rencana IPO terhadap Carrefour pasti akan dilakukan. Saat ini pihaknya masih terus melakukan pembenahan di berbagai hal.

“Kalau sekarang terlalu cepat, masih jauhlah, 5 tahun ke depan lah,” kata Chairul saat ditemui di sela-sela acara Penandatanganan Kerjasama HIPMI Carrefour di Kuningan, Jakarta, Rabu (12/5/2010).

Ia mengatakan opsi IPO Carrefour, merupakan bagian kesepakatan sales and puchase agreement (SPA) pada saat pembelian saham 40% Carrefour oleh Trans Ritel. Selain itu dalam SPA itu juga disepakati pihak Trans Ritel akan menjadi pihak yang ditawari pertama ketika pihak Carrefour akan melepas sahamnya kembali.

“Untuk menambah saham, kita buka peluang, kalau bisa 100%,” katanya sambil tersenyum.

Usai Caplok Carrefour, Chairul Tanjung Incar Bisnis Minimarket
Suhendra – detikFinance

Jakarta – PT Trans Ritel di bawah naungan Trans Corp milik Chairul Tanjung akan mengembangkan bisnis minimarket. Sebelumnya Trans Ritel telah membeli 40% saham PT Carrefour Indonesia (hipermarket)

Pemilik Trans Corp Chairul Tanjung menjelaskan konsep minimarket yang akan dikambangkan adalah jenis convenience store. Rencananya convenience store mulai mewujudkan pada tahun 2011 nanti.

“Kita mulai tahun depan, belum ada namanya, kita akan masuk type of convenience store,” kata Chairul Tanjung disela-sela acara penandatanganan kerjasama Hipmi-Carrefour di Gedung Palma One, Kuningan, Rabu (12/5/2010).

Chairul memimpikan dalam waktu 10 tahun ke depan, gerai minimarketnya bisa menggurita hingga 10.000 gerai di seluruh Indonesia. Untuk tahap awal gerai minimarketnya akan dimulai dari kota-kota besar di Indonesia.

“Untuk namanya pasti ada kata Trans-nya,” jelasnya.

Ia juga mengatakan dalam jangka panjang, pihaknya juga tidak menutup kemungkinan untuk menerapkan konsep waralaba terhadap minimarketnya. Chairul juga mengaku langkahnya membeli saham Carrefour Indonesia bagian dari proses pembelajaran pihaknya untuk masuk ke bisnis ritel secara total termasuk minimarket.

Dikatakannya untuk Carrefour sendiri, tidak memungkinkan untuk masuk ke segmen minimarket karena porsi kepemilikan saham asing masih ada. Hal ini sejalan dengan ketentuan di Indonesia bahwa toko moderen dengan luasan dibawah 400 M2 hanya boleh dimiliki oleh 100% pemodal lokal.

“Aturan di Indonesia untuk minimarket, haram asing masuk,” katanya


Site Meter

Tags:

One Comment to “Chairul Tanjung Baru Lepas Carrefour ke Bursa di 2015”

  1. Lahan Lokasi sangat strategis di kawasan Bandung Timur,JL.soekarno Hatta -kota Bandung Lt.6ha s/d 18 ha.Lm.145mtr,sangat cocok Buat Hotel,Apartement,Rumah sakit,pertokoan Mall,Super Blok,Arena permainan,waterpark.dll.Hub : 081214674036

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: