AS berinvestasi Rp 3,5 Triliun di Bandung


Siapakah investor ini ?
++++
Fri, 30/07/2010
AS berinvestasi Rp 3,5 Triliun di Bandung
Infrastructure

(Jawa Barat) Investor asing asal Amerika Serikat (AS) berencana menanamkan modal untuk block grand di kawasan Bandung Selatan senilai Rp 3,5 triliun.

“Memang sudah ada calon investor asal Amerika yang siap mengembangkan wilayah Jabar Selatan. Investasi ini rencananya untuk pengembangan infrastruktur di sana,” kata Kepala Bapeda Deny Juanda. Dijelaskan Deny, Jabar Selatan yang saat ini tengah dibangun jalan nasional sepanjang 427 km dari Sukabumi hingga Pangandaran memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan. Karena itu, sudah ada calon investor untuk mengembangkan infrastruktur di wilayah tersebut. Dia mengaku, pemerintah Jabar rencananya bakal mengembangkan permukiman-permukiman pada jalur Jabar Selatan.

Lebih lanjut Deny mengaku, program block grand di Jabar Selatan rencananya akan dikembangkan pada tahun 2011 mendatang. Sedikitnya, ada empat daerah yang bakal dikembangkan di antaranya adalah Rancabuaya yang termasuk ke wilayah Bandung Selatan. Saat ditanya apakah investor asal Amerika tersebut berencana melakukan eksploitasi di wilayah Jabar Selatan? Deny mengaku, kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Namun, untuk rencana investasi senilai Rp 3,5 triliun itu untuk pengembangan infrastruktur saja.

Sementara itu, ketua fraksi PDIP DPRD Jabar Heri Mei Oloan pertanyakan investasi asing yang akan membangun kawasan Jabar Selatan. Dia khawatir, jika investor tersebut bakal melakukan eksploitasi alam di wilayah Jabar Selatan. “Jabar selatan memiliki potensi alam yang luar biasa, bukan tidak mungkin akan dimanfaatkan pihak asing. Saya khawatir investor asing menjadikan Jabar selatan, seperti freeport,” ujar Heri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: