Ba’asyir Ingin Ganti Negara & Punya Gagasan Peledakan


Ya wis, export aja Uzdaz Abu ke Afganistan atau Somalia

+++++++++++++++++

Selasa, 10/08/2010 10:02 WIB
Polri: Ba’asyir Ingin Ganti Negara & Punya Gagasan Peledakan
Indra Subagja – detikNews

Jakarta – Polri meyakini Amir Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) Abu Bakar Ba’asyir terkait kelompok teroris Aceh. Polisi menduga Ba’asyir memiliki peran besar dalam rencana aksi kelompok tersebut.

“Kita punya bukti dia yang punya gagasan merencanakan peledakan,” kata Kabid Penum Mabes Polri Kombes Pol Marwoto saat dihubungi detikcom, Selasa (10/8/2010).

Alasan Ba’asyir melakukan peledakan itu pun, lanjut Marwoto, bertujuan sebagai jihad. “Mungkin ingin mengganti negara,” imbuhnya.

Keterangan itu diperoleh Polri berdasarkan pengakuan dari sejumlah tersangka yang sudah ditangkap. Antara lain berdasarkan pengakuan Ubeid yang kini ditahan di Rutan Brimob Kelapa Dua, Depok.

Sebelumnya pengacara Ba’asyir, Mahendradata, menepis tudingan polisi soal kaitan dengan kasus terorisme. Bahkan saat diperiksa dengan 41 pertanyaan Ba’asyir sama sekali tidak memberikan jawaban.

“Segala perlawanan hukum adalah tugas kami. Kami akan lakukan termasuk upaya politik lainnya,” kata Mahendra di Mabes Polri, Jumat (9/8) malam.

+++++++++++++

Selasa, 10/08/2010 12:35:06 WIB
Ba’asyir diintai sejak 1 tahun lalu
Oleh: A. Azis Faradi
JAKARTA: Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol. Ito Sumardi mengatakan proses penangkapan Abubakar Ba’asyir sudah direncanakan sejak 1 tahun lalu.

“Penangkapan Ba’asyir karena sudah ada bukti-bukti yang kuat,” katanya hari ini.

Selain itu, jelasnya, Polri akan melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap Ba’syir dan hasilnya tidak akan dibuka ke publik sekarang, tetapi nanti di pengadilan.

Saat disinggung apakah penangkapan tersebut merupakan pesanan dari orang dan negara tertentu, Ito membantahnya dengan mengatakan penangkapan itu bukan sama sekali pesanan orang atau negara tertentu.

Ba’asyir ditangkap Tim Densus 88 di depan Markas Polresta Banjar Patroman, Ciamis, Jabar pada Senin sekitar pukul 08.15. Dia kemudian dibawa ke Mabes Polri Jakarta dengan pengawalan ketat.

Mabes Polri menyatakan penangkapan Ba’asyir terkait dengan peran aktifnya dalam rangkaian pelatihan militer du Aceh dari kelompok yang akan menyerang sejumlah objek vital di Jawa. (tw)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: