Ratusan PDAM terancam bangkrut


Selasa, 10/08/2010 16:03:43 WIB
Ratusan PDAM terancam bangkrut
Oleh: Natalina Kasih W.

JAKARTA: Ratusan perusahaan daerah air minum (PDAM) terancam bangkrut karena kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang mendongkrak biaya pembayaran listrik menjadi lebih dari 40% dari total biaya operasional perusahaan setiap bulannya.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Syaiful mengatakan kenaikan biaya tersebut meningkat sekitar 30% dari porsi biaya sebelumnya, yaitu 20%-30% dari total biaya operasional perusahaan.

Menurut dia, biaya listrik PDAM menjadi semakin besar karena pengenaan beban biaya puncak pada pukul 18.00-20.00, yang tarifnya dua kali lipat dari tarif normal. Padahal, pukul 17.00-22.00 adalah saat PDAM beroperasi maksimal.

Dia menjelaskan jika kondisi itu tidak mendapat perhatian dari pemerintah, seluruh PDAM di Indonesia yang jumlahnya mencapai 394 perusahaan tidak akan mampu membayar biaya operasional dan akhirnya memilih menutup usahanya karena bangkrut.

“Dengan kenaikan TDL hingga 18% dari tarif sebelumnya, membuat biaya pembayaran listrik setiap bulannya membengkak menjadi 40% dari total biaya operasional perusahaan,” katanya kepada Bisnis, hari ini.

Syaiful menambahkan kenaikan TDL sangat memukul PDAM mengingat sebagian besar proses produksi dan pendistribusian air minum kepada masyarakat menggunakan sistem pompa sehingga membutuhkan daya listrik yang relatif besar.

Untuk itu, Perpamsi mendesak pemerintah mengkaji ulang kenaikan TDL tersebut atau memberikan insentif berupa tarif khusus untuk PDAM, mengingat peranan perusahaan air minum dalam melayani pengadaan air bersih bagi masyarakat.

“Kami berharap PDAM memperoleh tarif listrik khusus, karena jika tidak, ratusan PDAM dikhawatirkan semakin bangkrut, menyusul menurunnya kondisi keuangan perusahaan,” tegasnya.(jha)

Advertisements
Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: