PT Dok Siap Bangun Kapal Pengangkut LPG


PT Dok Siap Bangun Kapal Pengangkut LPG
26/08/2010 19:27:25 WIB
SURABAYA, investorindonesia.com
PT Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS) siap membangun kapal pengangkut LPG dengan muatan besar seiring upayanya meningkatkan kinerja pertumbuhan industri perkapalan nasional.

“Selama ini, belum ada perusahaan galangan kapal nasional yang bisa membangun kapal besar seperti kapal pengangkut LPG,” kata Direktur Utama PT Dok Perkapalan Surabaya (DPS) Muhammad Firmansyah Arifin dalam penandatanganan kontrak pembangunan kapal “Ship Building Contract/SBC” di PT Dok dan Perkapalan Surabaya, Kamis.

Rencananya, jelas dia, pada bulan September mendatang bisa mendapatkan tender untuk membangun kapal pengangkut LPG. Untuk spesifikasi rincinya, ia sampai sekarang belum bisa mempublikasikan. “Namun, pastinya kapal tersebut memiliki muatan lebih besar dibandingkan dengan hasil produksi kami selama ini,” katanya.

Menurut dia, pembangunan kapal tersebut sesuai dengan semangat dalam Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2005 tentang Pemberdayaan Industri Pelayaran Nasional. “Kebijakan tersebut mendukung asas cabotage yakni muatan pelayaran wajib diangkut dengan kapal berbendera Indonesia. Bahkan, setiap kapal yang dimiliki atau dioperasionalkan di pelayaran nasional diharapkan dibangun di Indonesia,” ujarnya.

Mengenai penandatanganan kelima kapal di depan Menteri Perindustrian, ia menyebutkan kapal-kapal itu antara lain 2 unit tanker 17.500 Long Ton Dead Weight/LTDW dibangun PT PAL, 1 unit tanker 6.500 LTDW oleh PT DPS, 1 unit tanker 3.500 LTDW PT Daya Radar Utama, dan 1 unit tanker LTDW PT Dumas.

“Untuk tanker bermuatan 6.500 LTDW yang kami bangun memiliki panjang 108 meter, lebar 19,2 meter dan tinggi 9,3 meter,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia mengaku kapal yang akan dibangun adalah kapal ke – 604 bernilai investasi 14,45 juta dolar AS dan direncanakan dibangun dengan jangka waktu 19 bulan.

“Pada tanggal 22 September mendatang, kami sudah membangun enam tanker bermuatan 6.500 LTDW milik Pertamina seperti tanker Ketaling, Klasogun, Katomas, Plaju, Kamojang, dan Kakap,” katanya. (tk)

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: