PT Pos Berencana Bentuk Anak Perusahaan Logistik


PT Pos Berencana Bentuk Anak Perusahaan Logistik
SENIN, 27 SEPTEMBER 2010 | 16:45 WIB
Besar Kecil Normal
TEMPO Interaktif, Bandung – PT Pos Indonesia berencana melakukan spin off terhadap unit logistik menjadi salah satu anak perusahaan tersendiri dengan target tahun 2011 nanti. Terhadap rencana tersebut PT Pos telah melakukan konsulidasi internal dan mengundang konsultan untuk memetakan dan melakukan kajian.

“Saat ini konsultan sudah bekerja, November nanti diharapkan selesai dan pada akhir semester dilakukan RUPS,” ujar Setyo Rianto Direktur Bisnis dan Pemasaran PT Pos Indonesia di Kantor Pos Besar Bandung. Senin (27/9).

Ia menyatakan, pelepasan unit usaha logistik adalah jalan satu satunya agar pelayanan logistik dapat tumbuh dan sehat karena pelayanan logistik membutuhkan tempat khusus dan cara kerja yang berbeda dengan layanan yang dimiliki PT Pos.”Pasarnya sangat potensial, paling tidak biaya untuk logistik mencapai 13 persen dari GDP,” ujarnya.

Setyo menegaskan, diharapkkan pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara memberikan sinyal untuk mengijinkan PT Pos melakukan spin off terhadap unit usahanya.”Kalau dia sudah jadi anak perusahaan pemilik sahammnya bisa BUMN yang lain, nanti bisa Indonesia in coorporate,” katanya.

Persiapan terhadap spin off telah dilakukan, secara layanan sejak Agustus lalu, PT Pos Indonesia telah menjadi ware house line operator untuk bandara Soekarno Hatta dengan mengoperasikan satu pesawat Boeing 737-200 Untuk pengataran logistik ke arah timur Indonesia seperti Jayapura-Wamena. Dulu, kata dia, saat masih mengunakan layanan operator lain, harga sewanya sekitar 12.700 per kg dan saat ini untuk actual cost net per kgnya mencapai Rp. 7.200. “Sehingga bisa katakan PT Pos telah menjadi courir services untuk Indonesia timur,”

Selain itu, PT Pos Indonesia sudah mendapatkan ijin kepabenaan, jasa titipan dan saat ini untuk unit logistik sudah tidak ditangani dari orang pos, tapi ditangani SDM yang memang mengerti unit ini. “Secara sumberdaya manusia sudah siap.”

PT Pos sendiri pada tahun ini menargetkan pertumbuhan sebesar Rp 3,2 triliun. Untuk unit logistik sampai saat ini hanya memberikan kontribusi sekitar 12 persen dari pendapatan dengan pertumbuhan mencapai 35 persen.”Pertumbuhan kelihatan gede, tapi besarannya masih kecil.”

ALWAN RIDHA RAMDANI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: