TPG Capital Lirik Industri Penerbangan Lokal


TPG Capital Lirik Industri Penerbangan Lokal
SELASA, 28 SEPTEMBER 2010 | 13:21 WIB
Besar Kecil Normal
TEMPO/Aditia Noviansyah

TEMPO Interaktif, Jakarta – Chairman TPG Capital David Bonderman menyatakan minatnya untuk mengembangkan investasi, terutama industri penerbangan termasuk pembangunan infrastrukturnya. “Kami melihat potensi investasi di Indonesia cukup baik sehingga kami ada di sini,” kata Bonderman usai bertemu Wakil Presiden Boediono di Kantor Wakil Presiden kemarin.

David memaparkan, pertemuan dengan Wakil Presiden ini merupakan yang pertama kali bagi perusahaannya. TPG Capital merupakan perusahaan finansial yang mengelola dana US$ 60 miliar atau sekitar Rp 540 triliun. Perusahaan yang dulunya bernama Texas Pacific Group itu bermarkas di San Francisco, California, Amerika Serikat, dengan lebih selusin cabang di delapan negara.

Salah satu aksi korporasi penting yang dilakukan oleh TPG Capital adalah pembelian Midwest Air Group, yang juga induk usaha Midwest Airlines, perusahaan penerbangan yang berpusat di Wisconsin, tiga tahun lalu. Saat ini TPG Capital sedang menangani proyek pemrosesan minyak kelapa sawit menjadi bahan bakar pesawat. Mereka menggandeng produsen sawit Wilmar International Limited yang memiliki pabrik pengolahan sawit di Gresik, Jawa Timur.

Juru bicara Wakil Presiden, Yopie Hidayat, mengatakan kedatangan TPG Capital untuk menegaskan komitmen investasi dalam mengembangkan ekspansi industri penerbangan dan infrastruktur. “Saat ini dalam proses penjajakan,” ujarnya. Namun, Yopie enggan mengomentari rencana TPG Capital yang berminat membeli maskapai nasional Garuda. “Hanya disinggung sedikit,” tuturnya.

Wakil Presiden Boediono, kata Yopie, mendukung rencana penjajakan investasi di industri penerbangan, terutama infrastukturnya. Sebab pemerintah tak bisa mengatasi pembangunan infrastruktur. Pemerintah, menurut Yopie, hanya mampu menyiapkan 40 persen pembangunan infrastruktur dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Sisanya pemerintah bakal bekerja sama dengan pihak swasta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: