PHE resmi akuisisi 100% Inpex Jawa


PHE resmi akuisisi 100% Inpex Jawa
Kamis, 30/09/2010 14:08:23 WIB
Oleh: Yuda Prihantoro
JAKARTA: PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya PT Pertamina Hulu Energi (PHE) resmi mengakuisisi 100% kepemilikan saham Inpex Jawa Limited (IJL).

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan akuisisi resmi dilaksanakan pada acara closing pembelian di Tokyo, Jepang, hari ini. Sebelumnya, PHE dan Inpex telah melakukan penandatanganan Share Purchase Agreement atas pembelian tersebut pada 7 September 2010 di Jakarta.

“Akuisisi ini merupakan bagian dari strategi perusahaan guna menambah produksi dan potensi cadangan minyak dan gas guna mendukung pencapaian target produksi Pertamina 1 juta Barrel Oil Equivalent per Day di 2015,” ujar Karen dalam siaran persnya siang ini.

Menurut Karen, salah satu hal yang menjadi dasar pemikiran Pertamina dalam melakukan akuisisi tersebut adalah mempertegas langkah Pertamina untuk terjun dalam mengelola dan mengoperasikan lapangan-lapangan offshore.

“Dengan demikian maka Pertamina akan semakin siap untuk menjadi operator di blok-blok offshore lainnya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Langkah ini juga diharapkan mampu menambah kepastian pasokan minyak yang masuk ke kilang-kilang domestik sehingga dapat menjaga ketersediaan stok bahan baku minyak untuk masyarakat,” tuturnya.

IJL merupakan perusahaan migas Jepang yang saat ini menjadi pemegang 7,25% participating interest di blok Offshore North West Jawa dan memiliki 100% sahan di Inpex Sumatera Ltd yang memegang 13,06744% Participating Interest di blok Offshore South East Sumatera (OSES).

IJL sebelumnya dimiliki oleh tiga perusahaan asal Jepang yakni Inpex Corporation sebesar 83,5%, Shoseki Overseas Oil Development Co. Ltd. (“Shoseki”) sebesar 12,5% dan JX Nippon oil & Gas Exploration Corporation sebesar 4%.

Selain menjadi pemegang 7,25% PI di blok ONWJ, IJL juga memiliki 100% sahan INPEX Sumatera Ltd (ISL) yang memiliki 13,06744% participating interest pada blok Offshore South East Sumatera (OSES).(aph)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: