Gudang Garam Dirikan Maskapai Penerbangan


Pasti boleh merokok selama penerbangan selama produk GG..

++++
Gudang Garam Dirikan Maskapai
21 Oct 2010
Ekonomi Media Indonesia
Perseroan mengklaim, dalam pendirian anak usaha tersebut, tidak terdapat benturan kepentingan.

Andreas Timothy

PRODUSEN rokok PT Gudang Garam Tbk melebarkan sayap ke bisnis penerbangan. Perseroan menginvestasikan dana Rp74,9 miliar untuk mendirikan anak usaha di bidang angkutan udara niaga berjadwal yang diberi nama PT Surya Air.

“PT Surya Air didirikan pada 15 Oktober 2010 dengan dana Rp74,99 miliar atau setara dengan 74.999 saham dengan harga nominal Rpl juta per lembar,” ujar Corporate Secretary Gudang Garam Heru Budiman dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, kemarin.

Ia menjelaskan nilai investasi tersebut mencerminkan 99,99% dari total modal disetor dan ditempatkan PT Surya Air sejumlah Rp75 miliar. Selain itu, perseroan mengklaim dalam pendirian anakusaha tersebut, tidak terdapat benturan kepentingan dengan perseroan.

“Kami mengharapkan pendirian anak usaha tersebut dapat menunjang core business perseroan, tambahnya.

Sepanjang semester I 2010, perseroan mencetak kenaikanlaba 24,30”; menjadi Rpl,78 triliun, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rpl,432 triliun. Peningkatan tersebut dipicu naiknya pendapatan dan penjualan usaha perseroan selama semester 1 2010, yakni sebesar 19,48% menjadi Rpl8,001 triliun, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rpl5,065 triliun.

Sementara itu, pada pos laba kotor, juga mengalami peningkatan menjadi Rp4,04 triliun bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp3,262 triliun.

Perusahaan yang memiliki pabrik rokok di Kediri ini juga mencatatkan peningkatan laba usaha selama semester I 2010 sebesar 7,82% menjadi Rp2,523 triliun bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencatatkan laba sebesar Rp2,34 triliun.

Bersinergi

Sementara itu, PT Bank CIMB Niaga Tbk bekerja sama dengan maskapai penerbangan

Air Asia Indonesia dengan meluncurkan tabungan CIMB Niaga Air Asia Savers. Dengan tabungan khusus itu, CIMB Niaga menargetkan pertumbuhan 100 ribu nasabah baru hingga setahun ke depan.

Wakil Presiden Direktur CIMB Niaga Daniel James Rompas menyatakan produk CIMB Niaga Air Asia Savers merupakan salah satu strategi bank tersebut untuk memperluas pasar dan meningkatkan dana pihak ketiga melalui produk tabungan. Dengan tabungan tersebut, diharapkan, akan ada sekitar 60 ribu konsumen AirAsia yang membuka rekening baru CIMB Niaga.

“Selain itu, tabungan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi nasabah CIMB Niaga yang juga merupakan frequent flyer Air Asia,” ujarnya dalam peluncuran CIMB Niaga Air Asia Savers di Jakarta, kemarin.

CIMB Niaga dan Air Asia merupakan dua perusahaan yang memiliki costumer based regional di empat negara ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Presiden Direktur Air Asia Indonesia Dharmadi mengungkapkan, kerja sama itu diharapkan dapat memperkuat posisi maskapai di Asia Tenggara. Pasalnya, dengan adanya tabungan tersebut, pelanggan dimungkinkan untuk menerima keuntungan finansial dari CIMB Niaga sekaligus bonus penerbangan Air Asia. (CS/E-5)timothy@mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: