Antam Cari Mitra Baru di Proyek PLTU Pomala


Kamis, 11/11/2010 17:07 WIB
Antam Cari Mitra Baru di Proyek PLTU Pomala
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Jakarta – PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) siap menggandeng mitra baru dalam pembangunan proyek PLTU Pomala pada triwulan I-2010 setelah gagalnya kerja sama dengan PT Indika Energy Tbk dan PT Nava Bharat.

Demikian disampaikan Direktur Keuangan ANTM Djaja Tambunan usai paparan publik Investor Summit dan Public Expose 2010 di Hotel Ritz Calton, Jakarta Kamis (11/11/2010).

“Kita akan mulai first quarter. Nantinya ini akan ditenderkan, dan kemungkinan besar akan kami pilih satu (investor),” katanya.

Seperti diketahui PLTU Polama berada di wilayah Sulawesi Tenggara dengan kapasitas maksimal 2×75 Mega Watt (MW). Investasi dalam pembangunan PLTU ini mencapai US$ 300 juta.

Menurut Direktur Utama ANTM Alwinsyah Lubis, mundurnya calon investor lama karena mereka menawarkan harga listrik yang sama dengan yang ditawarkan dari PLN. Kala itu Nava Bharat menawarkan harga listrik 14 sen per KwH.

“Mereka menawarkan harga jual listrik sangat mahal. Jadi batal,” tambah Alwin.

Terkait dengan rencana pendanaan eksternal yang diusahakan, perseroan masih belum juga menentukan apakah obligasi atau pinjaman perbankan yang didahulukan.

“Pinjaman kita sampai hari ini US$ 25 juta, tentu kalau ga ada debt ga sehat juga. Konsep pendanaan nantinya bilateral sindikasi. Kita harus benar-benar firm, dan menerapkan prinsip kehati-hatian. Obligasi belum kami putuskan,” paparnya.

Selain proyek Polama, perseroan memang tengah mengerjakan proyek Chemical Grade alumina Tayan US$ 450 juta, proyek Feni Halmahera US$ 1,4 miliar, proyek Smelter Grade Alumina Mempawah US$ 1 miliar, dan proyek NPI Mandiodo US$ 140 juta.

Dalam menggarap Chemical Grade Alumina, perseroan akan menggandeng 2 perusahaan asal Jepang yakni Showa Denku dan Marubeni Corp. Dalam kerjasama itu, Antam menjadi pemilik mayoritas saham sebesar 65% dan sisanya dimiliki kedua perusahaan itu.

(wep/ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: