Rothschild Ingin Investasi Bank & Semen Indonesia


0 13:23

EKONOMI > SEKTOR RIIL

Rothschild Ingin Investasi Bank & Semen Indonesia

Andika Sugiarto

INILAH.COM, Jakarta – Salah satu keluarga terkaya di Indonesia, Bakrie, telah bergabung dengan dinasti Rothschild. Rothschild dikabarkan tertarik untuk menanamkan investasinya dari mulai sektor perbankan, semen, hingga batubara yang saat ini booming di Indonesia.

Perusahaan yang berdomisili di London ini sepakat untuk menggabungkan saham di tiga perusahaan milik grup Bakrie, perusahaan tersebut adalah Berau Coal dengan kepemilikan aset PT Bumi Resources (BUMI) dalam kesepakatan share swap dengan PT Vallar, perusahaan investasi pertambangan yang didanai oleh Nathaniel Rothschild awal tahun ini.

Bakrie akan mendapatkan kontrol mayoritas Vallar dan akan berubah nama menjadi BUMI PLC yang terdaftar di bursa efek London. Hal ini merupakan langkah yang berarti bagi produsen batubara terbesar di Indonesia untuk meningkatkan keuntungan di pasar global. “Ini adalah pengambilalihan terbaik, di mana Grup Bakrie mulai menyusun kembali aset pertambangan batubaranya,” jelas Norico Gaman Head of Research BNI Securities seperti dilansir Reuters.

“Vallar hanya sebuah kendaraan Grup Bakrie untuk mengkonsolidasikan asetnya,” tambahnya.

Selain itu ia juga menjelaskan bahwa saat ini BUMI tidak hanya menjadi pemimpin di industri batubara domestik namun juga melangkah untuk menjadi pemimpin industri tersebut di luar negeri. “BUMI kini sedang melebarkan sayapnya untuk menjadi salah satu pemain terbesar dalam industri batubara global,” jelasnya.

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Vallar akan membayar cash sebesar $ 3 miliar dan opsi tukar saham baru untuk membeli saham 75 persen di Berau dan 25 persen dari BUMI dalam kesepakatan pertama sejak memperoleh $ 1,1 miliar dari listing bulan Juli lalu.

“Kami telah mengumumkan pembentukan sebuah pemain yang unggul di industri batubara Indonesia yang akan menjadi pemasok batubara terbesar ke China,” kata Rothschild dalam konferensi pers di London kemarin.

“Ini adalah bisnis yang menguntungkan, hingga 2013 dapat menghasilkan 140 juta ton batubara setiap tahunnya dengan total impor China pada tahun 2009 menembus rekor 126 juta ton, atau tiga tingkat dari 2008,” tambah dinasti Jerman-Yahudi yang sudah kaya sejak 1700-an.

Bakrie Group akan memiliki 43 persen dari Bumi Plc, sementara 28,3 persen akan dimiliki oleh publik yang sebelumnya memiliki saham Vallar. [cms

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: