Gubernur Maluku Sambut Positif Rencana Ekspansi Grup Lippo


Gubernur Maluku Sambut Positif Rencana Ekspansi Grup Lippo
Kamis, 25 November 2010 | 8:41
Chairman Lippo Group James Riady (kanan) menyambut kedatangan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu di Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN), Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (24/11). Foto: Investor Daily/GAGARIN

Berita Terkait
Lippo Karawaci Akuisisi RS Balikpapan Husada

KARAWACI – Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu menyambut positif rencana ekspansi Grup Lippo ke kawasan Indonesia Timur. Potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia di kawasan Indonesia Timur khususnya Maluku cukup menarik untuk dikembangkan.

“Dengan perhatian Grup Lippo ke Indonesia Timur saya kira ini sudah tepat sekali. Grup Lipppo bisa melihat porspek-prospek pembangunan yang akan datang di Indonesia bagian timur khususnya Maluku,” kata Karel dalam kunjungannya ke Lippo Karawaci, Rabu (24/11).

Karel mengatakan penemuan terbaru tentang cadangan gas bumi terbesar yang terdapat di Maluku merupakan salah satu potensi pendukung pembangunan di kawasan tersebut. Di samping itu pencanangan Maluku sebagai lumbung ikan nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga akan mendorong perkembangan regional yang kian menjanjikan di sekitar wilayah Maluku.

“Saya kira inilah potensi-potensi Maluku dengan peluang dan tantangannya akan sangat menjanjikan sekali dalam pembangunan yang nanti akan difokuskan di Indonesia Timur,” kata Karel.

Fokus
Dia mengatakan, alasan lainnya yang membuat prospek pembangunan di kawasan Indonesia Timur sangat menjanjikan antara lain sumber daya alam di wilayah barat yang kian menipis. Ke depan, Indonesia akan memfokuskan pembangunan ke wilayah Timur.

“Sekarang waktunya Indonesia Timur dibangun dan digali sumber daya alammnya. Mudah-mudahan sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada bisa membangun kembali Maluku sehingga bisa melangkan untuk masa depan yang lebih baik,” jelas Karel.

Dalam kunjungannya tersebut, Karel ditemani Kepala Dinas PU Maluku, Kabiro Investasi dan Penanaman Modal Maluku, Dirut BPD Maluku, serta Dirut RSUD Maluku. Kedatangan mereka bermaksud ingin berdiskusi dengan Group Lippo tentang prospek-prospek pembangunan di daerahnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Grup Lippo, James T Riady menilai Provinsi Maluku selain memiliki sumber daya alam yang melimpah, juga memiliki Sumber daya manusia yang kaya. Namun potensi-potensi itu masih kurang mendapatkan peluang untuk berkembang.

“Untuk itu, sudah merupakan tugas pemerintah bersama dengan masyarakat dalam hal ini Group Lippo untuk dapat mensinergikan potensi tersebut, sebagai modal utama dalam pembangun ke depan,” kata James Riady.

Presiden Direktur Grup Lippo Theo L Sambuaga menambahkan, dalam rencana ekspansinya ke Indonesia Timur, Grup Lippo memang membidik sektor ritel, pendidikan, serta kesehatan. Pasalnya, Grup Lippo melihat Maluku memiliki banyak potensi yang luar biasa yang bisa dikembangkan lebih baik lagi.

“Semenjak pertemuan pertama dalam Sail Banda, mata Lippo memang tertuju pada kawasan Maluku. Kami ingin membangun Maluku sebagai contoh untuk membangun Indonesia Timur secara keseluruhan,” kata Theo.

Saat ini Lippo sudah memiliki jaringan usaha, terutama ritail, di hampir semua kota utama di Indonesia timur seperti di Makassar, Manado, Ambon dan Kupang. Khusus untuk kawasan Maluku Lippo sendiri tertarik untuk membangun pemukiman, sekolah, rumah sakit, pusat logistik, department store, hipermart, hotel berbintang, serta mal. (ris)

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: