Ekspansi Cipaganti ke Malaysia terganjal perizinan


luar biasa
+++
Ekspansi Cipaganti ke Malaysia terganjal perizinan
Minggu, 28/11/2010 19:16:04 WIB
Oleh: Raydion Subiantoro
JAKARTA: Ekspansi Cipaganti Group ke Kuala Lumpur untuk membuka bisnis jasa perjalanan dengan mikrobus (travel) hingga kini terganjal perizinan.

Presdir Cipaganti Group Andianto Setiabudi mengatakan adalah bisnis tersebut diperkirakan baru bisa dijalankan pada kuartal tahun depan dari rencana awal akhir 2010.

“Untuk travel di Kuala Lumpur, sebetulnya kami membuka cabang itu dengan sistem waralaba. Peminatnya sudah ada satu perusahaan asal Malaysia, tapi diperkirakan baru bisa awal tahun depan karena ada masalah perizinan,” jelasnya hari ini.

Dia menjelaskan bisnis jasa angkutan darat di Malaysia perizinannya masih ditutup untuk asing sehingga Cipaganti akan bermitra dengan pihak lokal, di antaranya melalui sistem waralaba.

“Sudah ada pihak swasta dari Kuala Lumpur datang ke Bandung untuk menjalankan merek Cipaganti di sana. Kuala Lumpur itu memang pasar yang paling mudah untuk dimasuki, karena kulturnya relatif sama dengan di Indonesia,” jelasnya.

Dia mengungkapkan di Kuala Lumpur rute travel Cipaganti adalah ke Singapura, dan kota-kota lainnya seperti Malaka.

Di sisi lain, Andianto menegaskan Cipaganti Group tetap akan fokus di bisnis jasa transportasi meskipun mulai pekan lalu perusahaan asal Bandung itu sudah memasuki bidang usaha pertambangan.

Andianto mengakui ke depannya kontribusi bisnis pertambangan bisa mencapai 80% terhadap total pendapatan perusahaan. (arh)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: