Kapasitas JICT Menjadi 3 Juta TEU Tahun 2012


Dec 27th, 2010 | Rubrik BURSAUTAMA

Kapasitas JICT Menjadi 3 Juta TEU Tahun 2012

 

NERACA

Jakarta – Jakarta International Container Terminal (JICT), terminal kontainer terbesar di Indonesia hasil joint company antara Hutchison Port Holdings (HPH) Group dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, berhasil mencatat rekor produktivitas tahunan sebanyak 2 juta TEU (Twenty-foot Equivalent Units) pada 19 Desember 2010 lalu.

Menurut Presiden Direktur JICT, Herman Sembiring mengatakan, produktivitas tersebut merupakan pencapaian tertinggi sejak perusahaan tersebut beroperasi tahun 1999 dan diraih pada saat melayani kapal MV.Topaz milik American President Line (APL).

Pencapaian tersebut, lanjut Herman, mencerminkan dedikasi dan kerja keras seluruh manajemen dan karyawan JICT. Para pemegang saham, HPH dan Pelindo II, berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas JICT melalui serangkaian investasi besar yang tujuannya mewujudkan JICT menjadi terminal petikemas dunia.

“Pemulihan ekonomi global telah mendorong aktivitas perdagangan internasional dan kita (JICT), melihat peningkatan dalam jumlah barang impor dan ekspor di Indonesia. Dengan perkiraan pertumbuhan perekonomian Indonesia sekitar 6,5% pada 2011, program ekspansi yang sedang berjalan akan meningkatkan kapasitas dan kemampuan JICT untuk memfasilitasi peningkatan volume terminal,” kata Herman.

Setelah program ekspansi yang direncanakan akan selesai pada 2012 mendatang, JICT akan memiliki tambahan lapangan penumpukan sebesar 12 hektar dan pintu gerbang otomatis (auto gate system) sehingga lalu lintas truk dari dan ke luar terminal semakin efisien.

Presiden Direktur APL Indonesia, Mark Parco menyatakan apresiasinya atas peningkatan prestasi yang diraih JICT yang menurutnya, telah menjadi pelabuhan panggilan di Indonesia bagi APL selama bertahun-tahun.

“Kinerja operasional JICT telah meningkat signifikan. Dengan tambahnya lapangan penumpukan dan pintu gerbang otomatis, maka secara keseluruhan, kapasitas JICT akan meningkat 50% menjadi 3 juta TEU per tahunnya di tahun 2012, serta berharap untuk melanjutkan hubungan sukses ke depannya,” papar Mark.

JICT merupakan anak perusahaan dari Hutchison Port Holdings (HPH) Group, yang anak perusahaan dari konglomerat Hutchison Multinational Whampoa Limited (HWL), yang merupakan operator, pengembang, dan investor pelabuhan terkemuka dunia dengan total 51 pelabuhan yang mencakup 25 negara di Asia, Timur Tengah, Afrika, Eropa, Amerika Serikat, dan Australia.

 

(ardi)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: