Kapolri: Tingkat Kecelakaan Naik, Kematian Turun


Kapolri: Tingkat Kecelakaan Naik, Kematian Turun

Liputan 6

Liputan 6 – Rabu, 29 Desember

Liputan6.com, Jakarta: Pihak Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia atau Mabes Polri menyatakan terjadi kenaikan angka kecelakaan lalu lintas sebanyak 3.880 kasus atau sebesar 6,72 persen. “Kecelakaan lalu lintas pada tahun 2010 sebanyak 61.606 perkara, dibanding tahun lalu sebesar 57.726 perkara,” ucap Kepala Polri Jenderal Polisi Timur Pradopo dalam pemaparannya saat jumpa pers Akhir Tahun 2010 di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/12).

Untuk mengendalikan peningkatan angka kecelakaan di Indonesia, Kapolri meminta kerja sama masyarakat agar mematuhi lalu lintas. “Ini diperlukan upaya kerja keras dan sinergitas berbagai pihak untuk mendorong tercapainya kualitas berlalu lintas, sehingga kecelakaan lalu lintas yang diawali dari pelanggaran terhadap aturan berlalu lintas dapat diminalisir,” kata Timur.

Untuk tingkat korban meninggal dunia dan luka-luka akibat kecelakaan, Timur menjelaskan, terjadi penurunan yang drastis. “Meninggal dunia terjadi penurunan sebesar 43,15 persen. Untuk luka berat turun 36,11 persen dan luka ringan juga turun 47,18 persen,” imbuhnya.

Selain itu, mantan Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan Polri itu memaparkan, penurunan juga terjadi pada kasus pelanggaran berlalu lintas. “Pelanggaran lalu lintas turun sebesar 46,42 persen. Tahun ini sebesar 3.114.970, sedangkan pada tahun 2009 5.814.386,” ujar Jenderal Timur.(ANS)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: