Laba Pertamina EP naik, Pertamina andalkan sektor hulu


Sumber : Kontan online
Kamis, 30 Desember 2010 | 20:30  oleh Fitri Nur Arifenie
KINERJA PERTAMINA
Laba Pertamina EP naik, Pertamina andalkan sektor hulu

JAKARTA. PT Pertamina (Persero) masih mengandalkan sektor hulu untuk menggenjot kinerja keuangan perusahaan. Salah satu anak usahanya di sektor hulu, PT Pertamina EP mampu memperoleh laba sebelum pajak (EBITDA) sebesar Rp 19,68 triliun di tahun ini. Pada tahun depan, Pertamina EP menargetkan EBITDA perusahaan menjadi Rp 22 triliun. “80% dari pendapatan sektor hulu berasal dari Pertamina EP,” ujar Direktur Utama Pertamina EP, Salis Aprilian, Kamis (30/12).

Komisaris Utama Pertamina, Sugiharto mengamini bahwa Pertamina akan terus menggenjot sektor hulu. Bahkan, perusahaan migas plat merah ini sudah menyiapkan belanja modal sebesar Rp 262,3 triliun dalam empat tahun ke depan.

Tahun ini, Pertamina anggarkan belanja modal sebesar Rp 26,2 triliun . Tahun depan, belanja modal Pertamina naik 41,6%. “Anggaran belanja modal perusahaan tahun depan naik menjadi Rp 37,1 triliun,” jelas Sugiharto.

Dari anggaran belanja modal itu, sebagian besar untuk sektor hulu. Sebanyak Rp 28,4 triliun, belanja modal akan dianggarkan untuk sektor hulu. Ekspansi di sektor hulu ini bertujuan mendongkrak produksi Pertamina.

Sisanya, 8,7 triliun rupiah akan dialokasikan untuk sektor hilir, yakni untuk tujuan pemasaran, kilang, perkapalan, gas alam cair, dan keperluan distribusi lainnya. Salis menambahkan, tahun ini, Pertamina EP mendapatkan jatah dana belanja modal dari perusahaan induk sebesar Rp 6,87 triliun.

Di tahun depan, Pertamina EP mendapatkan jatah yang lebih besar lagi sebesar Rp 7,2 triliun. Belanja modal ini, kata Salis untuk mengeksplorasi sumur-sumur tua milik Pertamina EP. Karena sumur tua, Pertamina EP harus menggunakan teknologi yang canggih untuk melawan laju penurunan produksi sebesar 18% hingga 30%.

Tahun ini, produksi migas Pertamina diperkirakan mencapai 432 ribu barel per hari. Produksi migas ditargetkan meningkat pada 2011 sebanyak 475 ribu barel per hari, dan pada 2012 sebesar 498 ribu barel per hari.

Kontribusi produksi migas tersebut, kata Sugiharto terutama diharapkan bersumber dari dua anak usaha Pertamina yang bergerak di bisnis hulu migas, yakni PT Pertamina EP dan PT Pertamina Hulu Energi. “Target kami, pada tahun 2015, Pertamina bisa mencapai produksi satu juta barel,” kata Sugiharto.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: