Pemprov Jabar Bantah Hambat Izin Star Energy


Alasan dihambat belum ada komitmen dari perusahan swasta untuk memberikan saham kepada Bumd pt jasa sarana. Ini sih murni pemalakan dari pihak pemda.memang ada hubungannya antara perusahaan daerah ( bumd) dgn kesejahteraan masyarakat. Tidak ada ! Fakta yg ada adalah perusahaan daerah dikelola Sangat tidak profesional dan bangkrut !

Pemprov Jabar Bantah Hambat Izin Star Energy

Oleh Yanto Rachmat Iskandar E-mail Print PDF
Published On: 01 February 2011
BANDUNG: Pemerintah Provinsi Jawa Barat membantah menghambat izin rekomendasi yang dimohonkan PT Star Energy yang berniat mengembangkan pembangkit pada unit III dan IV di PLTP Wayang Windu Jabar.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengemukakan pihaknya hanya ingin mendapatkan komitmen dari perusahaan tersebut yang bersedia memberikan saham maksimal 20% kepada BUMD Jabar, dari pengelolaan panas bumi.

“Hal itu sesuai dengan nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangi Star Energy dengan PT Jasa Sarana pada Agustus 2010,” katanya kepada Bisnis hari ini.

Dia mengatakan pada awalnya Star tidak keberatan dengan MoU tersebut. Akan tetapi, belakangan sikap perusahaan tambang tersebut berubah karena belum bersedia memenuhi komitmen.

Seperti diberitakan media massa, Star Energy mengajukan surat rekomendasi Gubernur Jabar sebagai bahan untuk mendapatkan izin pinjam pakai kawasan hutan dan serta surat persetujuan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). Kedua surat tersebut akan dipakai Star Energy untuk mengembangkan unit III dan IV.

Belakangan, Gubernur Jabar disebut-sebut menghambat permohonan izin yang dilayangkan Star.

Gubernur Jabar bahkan sempat dipanggil Wakil Presiden Boediono untuk menjelaskan persoalan tersebut.

Heryawan menilai Pemprov Jabar melalui BUMD nya pantas mendapatkan bagian dari rencana pengembangan panas bumi di Wayang Windu dengan tujuan mensejahterakan masyarakat.

Selama ini, katanya, daerah memang kurang mendapatkan timbal balik yang setimpal dari pengelolaan panas bumi.

Dia menegaskan pihaknya tidak pernah menghambat perizinan terkait penggarapan panas bumi di Jabar.

Menurut dia, Pemprov Jabar sangat menyokong program percepatan penggarapan panas bumi. “Intinya kami hanya ingin kejelasan dari kesepahaman yang dibuat,” katanya.(yn)

Advertisements
Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: