Gudang Garam belum seriusi diversifikasi usaha


Gudang Garam belum seriusi diversifikasi usaha

Senin, 22 November 10 | 17:53 wib ET

(istimewa)
SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Gudang Garam Tbk (GGRM) masih optimistis kinerja industri rokok bakal terus melaju di masa mendatang kendati berbagai aturan ketat soal kesehatan dan kampanye negatif terus menghadang.

”Meski banyak orang bilang rokok itu sunset industry, kita sih optimistis saja. Sudah sejak lama banyak yang bilang begitu, tapi nyatanya industri rokok tetap tumbuh berkelanjutan,” jelas Direktur dan Sekretaris Perusahaan GGRM Heru Budiman di Surabaya akhir pekan lalu.

Karena itu, sambung Heru, pihaknya hingga kini belum serius menggarap lahan bisnis lain. Diversifikasi usaha hanya dilakukan di bidang properti dengan membangun hotel dan pusat perbelanjaan di Yogyakarta. Perseroan juga memiliki anak usaha di bidang kertas industri, yaitu PT Surya Pamenang.

”Kami belum ada rencana diversifikasi usaha lainnya. Kami tetap yakin industri rokok bakal terus berkembang,” jelasnya.

Bahwa ada kampanye negatif soal kesehatan memang benar, tapi itu masih dalam batas toleransi. Sehingga GGRM masih akan fokus mengembangkan bisnisnya di industri rokok.

Pada kuartal III/2010, market share perseroan turun menjadi 23% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 23%. Perusahaan rokok raksasa yang berbasis di Kediri itu membukukan pendapatan sebesar R[27,53 triliun, tumbuh 17% dibanding kuartal III/2009 sebesar Rp23,53 triliun. Perseroan berhasil mencetak laba sebesar Rp3,009 triliun atau meningkat 21,6% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp2,47 triliun. kbc5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: