Antam Investasikan US$ 3,9 Miliar Hingga 2014


Antam Investasikan US$ 3,9 Miliar Hingga 2014
SELASA, 08 FEBRUARI 2011 | 17:28 WIB

Gedung Aneka Tambang Unit Geomin. Tempo/Arnold Simanjuntak

TEMPO Interaktif, Jakarta -PT Antam (Persero) berencana mengembangkan investasi hingga US$ 3,9 miliar sejak 2011 hingga 2014. “Saat ini terdapat tiga proyek Antam serta rencana pembukaan dua tambang baru yang akan mendukung pembangunan wilayah Indonesia Timur,” kata Direktur Pengembangan PT Antam (persero) Tbk, Tato Miraza.

Proyek tersebut diantaranya adalah Modernisasi dan Optimasi Pabrik Feronikel yang diperkirakan selesai pada tahun 2014 mendatang dan akan menelan biaya hingga US$ 486 juta, untuk menjamin kestabilan dan keamanan operasi. “Status saat ini adalah tender EPCM (Engineering Procurement Construction Management)” katanya.

Bulan Agustus 2010 lalu, Antam juga telah menandatangani kontrak EPC (Engineering Procurement Construction) dengan konsorsium untuk proyek Chemical Grade Alumina Tayan senilai US$ 450 juta yang diperkirakan mulai beroperasi pada tahun 2014.”Status saat ini sedang penyelesaian pembiayaan proyek,” ujarnya.

Proyek berikutnya adalah Proyek Smelter Grade Alumina Mempawah, kerjasama antara Antam dan Hangzhou Jinjiang Grup, yang diperkirakan menghabiskan dana hingga US$ 1 miliar. Nantinya, kata dia, Smelter tersebut memiliki kapasitas produksi hingga 1,2 juta metrikton.

Sementara itu, untuk dua rencana pembukaan tambang baru oleh Antam dipusatkan di Mandiodo (Sulawesi Tenggara) dan Pakal (Halmahera) untuk produksi bijih nikel. Proyek Feronickel Halmahera diestimasikan membutuhkan investasi senilai US$ 1,6 miliar,dengan hasil produksi per tahun yang diperkirakan dapat mencapai hingga 27000 TNi (ton nikel).

Proyek Nickel pig Iron di Mandiodo dengan kapasitas produksi hingga 120 ribu ton per tahun, kata Tato, diperkirakan memerlukan dana investasi hingga US$ 398 juta .”Ini kepemilikan 100 persen untuk Antam, saat ini sedang penyelesaian studi kelayakan,” katanya. Tahun 2010 lalu, Antam telah membelanjakan Rp 123,3 miliar untuk kegiatan eksplorasinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: