Pasal KUHP dan 6 jurus untuk menghadapi preman debt collector


Tindak Pidana yang sering dilakukan oleh Preman Debt Colektor adalah tindak pidana berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana adalah:

1. Pasal 368 KUHP

(1) Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, memaksa seorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk memberikan barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang itu atau orang lain, atau supaya membuat hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena pemerasan dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun.

(2) Ketentuan Pasal 365 ayat kedua, ketiga, dan keempat berlaku bagi kejahatan ini.

Penjelasan Pasal 368 adalah sebagai berikut :

a. Kejadian ini dinamakan “pemerasan dengan kekerasan” (afpersing).

Pemeras itu pekerjaannya: 1) memaksa orang lain; 2) untuk memberikan barang yang sama sekali atau sebagian termasuk kepunyaan orang itu sendiri atau kepunyaan orang lain, atau membuat utang atau menghapuskan piutang; 3) dengan maksud hendak menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak. (pada Pasal 335, elemen ini bukan syarat).

b. Memaksanya dengan memakai kekerasan atau ancaman kekerasan;

1) Memaksa adalah melakukan tekanan kepada orang, sehingga orang itu melakukan sesuatu yang berlawanan dengan kehendak sendiri. Memaksa orang lain untuk menyerahkan barangnya sendiri itu masuk pula pemerasan; 2) Melawan hak adalah sama dengan melawan hukum, tidak berhak atau bertentangan dengan hukum; 3) Kekerasan berdasarkan catatan pada Pasal 89, yaitu jika memaksanya itu dengan akan menista, membuka rahasia maka hal ini dikenakan Pasal 369.

c. Pemerasan dalam kalangan keluarga adalah delik aduan (Pasal 370), tetapi apabila kekerasan itu demikian rupa sehingga menimbulkan “penganiayaan”, maka tentang penganiayaannya ini senantiasa dapat dituntut (tidak perlu ada pangaduan);

d. Tindak pidana pemerasan sangat mirip dengan pencurian dengan kekerasan pada Pasal 365 KUHP. Bedanya adalah bahwa dalam hal pencurian si pelaku sendiri yang mengambil barang yang dicuri, sedangkan dalam hal pemerasan si korban setelah dipaksa dengan kekerasan menyerahkan barangnya kepada si pemeras.

2. Pasal 369 KUHP

(1) Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan ancaman pencemaran baik dengan lisan maupun tulisan, atau dengan ancaman akan membuka rahasia, memaksa seorang supaya memberikan barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang itu atau orang lain. atau supaya membuat hutang atau menghapuskan piutang, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun.
(2) Kejahatan ini tidak dituntut kecuali atas pengaduan orang yang terkena kejahatan.

3. Pasal 378 KUHP

Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi hutang rnaupun menghapuskan piutang diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

PENGGOLONGAN PREMAN SEBAGAI TARGET OPERASI :

(a) PREMAN YANG MENGGANGGU KETENTERAMAN DAN KETERTIBAN (MABUK-MABUKAN, MENGGANGGU LALU LINTAS, RIBUT-RIBUT Dl TEMPAT UMUM).

(b) PREMAN YANG MEMALAK (MEMINTA DENGAN PAKSA) Di LOKASI UMUM (MISALNYA MENJUAL MAJALAH SECARA PAKSA, MENGEMIS DENGAN GERTAKAN, MENDORONG MOBIL MOGOK MINTA UANG DENGAN PAKSA, MEMALAK MASYARAKAT / PERSEORANGAN YANG MENAIKKAN DAN MENURUNKAN BAHAN BANGUNAN Dl PABRIK / iNDUSTRI / KOMPLEK PERUMAHAN, PARKIR LIAR DENGAN MEMINTA UANG SECARA PAKSA, DAN LAIN-LAIN SEJENIS)

(c) PREMAN DEBT COLLECTOR (PENAGIH UTANG DENGAN MEMAKSA / MENGANCAM NASABAH, MENYITA DENGAN PAKSA, MENYANDERA)

(d) PREMAN TANAH (MENGUASAI / MENDUDUKI LAHAN / POPERTY SECARA ILLEGAL YANG SEDANG DALAM SENGKETA DENGAN MEMAKSAKAN KEHENDAK SATU PIHAK)

(e) PREMAN BERKEDOK ORGANISASI (ORGANISASI JASA KEAMANAN, PREMAN TENDER PROYEK DAN ORGANISASI MASSA ANARKIS)

Sumber: Kompolnas

 

 

++++++++++++++++++

 

6 Jurus Sakti Menghadapi Debt Collector

  • Penulis :
  • C. Windoro AT.
  • Sabtu, 9 April 2011 | 13:43 WIB
Ilustrasi | SHUTTERSTOCK
626

 

17

JAKARTA, KOMPAS.com — Inilah enam jurus sakti dalam menghadap debt collector alias penagih utang saat cicilan sepeda motor, mobil, perumahan, bank, BPR, koperasi, kartu kredit, atau cicilan utang Anda macet.

Berikut tips dalam menghadapi mereka:

1. Sapalah dengan santun dan minta mereka menunjukkan identitas dan surat tugas. Tanyakan kepada mereka, siapa yang menyuruh mereka datang dan minta nomor telepon yang memberi tugas para penagih utang ini.

Jika mereka tak bisa memenuhi permintaan Anda dan Anda ragu pada mereka, persilakan mereka pergi. Katakan, Anda mau istirahat atau sibuk dengan pekerjaan lain.

2. Jika para penagih utang bersikap santun, jelaskan bahwa Anda belum bisa membayar karena kondisi keuangan Anda belum memungkinkan. Sampaikan kepada penagih utang bahwa Anda akan menghubungi yang terkait langsung dengan perkara utang piutang Anda. Jangan berjanji apa-apa kepada para penagih utang.

3. Jika para penagih utang mulai berdebat meneror, persilakan mereka ke luar dari rumah Anda. Hubungi pengurus RT, RW, atau polisi. Sebab, ini pertanda buruk bagi para penagih utang yang mau merampas mobil, motor, atau barang lain yang sedang Anda cicil pembayarannya.

4. Jika para penagih utang berusaha merampas barang cicilan Anda, tolak dan pertahankan barang tetap di tangan Anda. Katakan kepada mereka, tindakan merampas yang mereka lakukan adalah kejahatan. Mereka bisa dijerat Pasal 368, Pasal 365 KUHP Ayat 2, 3, dan 4junto Pasal 335.

Dalam KUHP jelas disebutkan, yang berhak untuk melakukan eksekusi adalah pengadilan. Jadi, apabila mau mengambil jaminan, harus membawa surat penetapan eksekusi dari pengadilan negeri.

Ingatkan kepada mereka, kendaraan cicilan Anda misalnya, adalah milik Anda, sesuai dengan STNK dan BPKB.

Kasus ini adalah kasus perdata, bukan pidana. Kasus perdata diselesaikan lewat pengadilan perdata dan bukan lewat penagih utang. Itu sebabnya, polisi pun dilarang ikut campur dalam kasus perdata.

Kasus ini menjadi kasus pidana kalau para penagih utang merampas barang cicilan Anda, meneror, atau menganiaya Anda. Untuk menjerat Anda ke ranah pidana, umumnya perusahaan leasing, bank, atau koperasi akan melaporkan Anda dengan tuduhan penggelapan.

5. Jika para penagih utang merampas barang Anda, segera ke kantor polisi dan laporkan kasusnya bersama sejumlah saksi Anda. Tindakan para penagih utang ini bisa dijerat Pasal 368 dan Pasal 365 KUHP Ayat 2, 3, dan 4 junto Pasal 335.

6. Jangan titipkan mobil atau barang jaminan lain kepada polisi. Tolak dengan santun tawaran polisi. Pertahankan mobil atau barang jaminan tetap di tangan Anda sampai Anda melunasi atau ada keputusan eksekusi dari pengadilan.

Berkonsultasi hukumlah kepada Lembaga Perlindungan Konsumen, Komnas Perlindungan Konsumen dan Pelaku Usaha, atau Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen.

++++++++++++++++++

Dilarang Pakai Ancaman dan Kekerasan, Ini Aturan Debt Collector Kartu Kredit

Wahyu Daniel – detikfinance
Senin, 06/10/2014 11:52 WIB

Jakarta -Mulai tahun depan, Bank Indonesia (BI) menerapkan sejumlah aturan baru di bidang kartu kredit. Ada pembatasan kepemilikan kartu kredit berdasarkan gaji dan juga umur, serta limit kartu kredit.

Meski begitu, BI tetap memperbolehkan perbankan selaku penerbit kartu kredit untuk menggunakan perusahaan penyedia jasa penagihan (debt collector) untuk menagih pembayaran kartu kredit yang macet.

Dalam bahan BI terkait aturan baru kartu kredit disebutkan, ada sejumlah ketentuan bagi debt collector untuk melakukan penagihan.

Pertama, penagihan kartu kredit dengan menggunakan perusahaan penyedia jasa penagihan hanya dapat dilakukan terhadap tagihan kartu kredit yang telah macetm berdasarkan kriteria kolektibilitas sesuai ketentuan BI yang mengatur mengenai kualitas kredit.

Kemudian kedua, kualitas pelaksanaan penagihan kartu kredit oleh perusahaan penyedia jasa penagihan harus sama dengan pelaksanaan penagihan kartu kredit yang dilakukan sendiri oleh Penerbit Kartu Kredit.

Lalu ketiga, tenaga penagihan telah memperoleh pelatihan yang memadai terkait dengan tugas penagihan dan etika penagihan sesuai ketentuan yang berlaku.

Keempat, identitas setiap tenaga penagihan ditatausahakan dengan baik oleh Penerbit Kartu Kredit.

Tenaga penagihan dalam melaksanakan penagihan mematuhi pokok-pokok etika penagihan sebagai berikut:

Menggunakan kartu identitas resmi yang dikeluarkan Penerbit Kartu Kredit, yang dilengkapi dengan foto diri yang bersangkutan;
Penagihan dilarang dilakukan dengan menggunakan cara ancaman, kekerasan dan/atau tindakan yang bersifat mempermalukan pemegang kartu kredit;
Penagihan dilarang dilakukan dengan menggunakan tekanan secara fisik maupun verbal;
Penagihan dilarang dilakukan kepada pihak selain Pemegang Kartu Kredit;
Penagihan menggunakan sarana komunikasi dilarang dilakukan secara terus menerus yang bersifat mengganggu;
Penagihan hanya dapat dilakukan di tempat alamat penagihan atau domisili Pemegang Kartu Kredit;
Penagihan hanya dapat dilakukan pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 wilayah waktu alamat Pemegang Kartu Kredit; dan
Penagihan di luar tempat dan/atau waktu sebagaimana dimaksud pada huruf f) dan huruf g) hanya dapat dilakukan atas dasar persetujuan dan/atau perjanjian dengan Pemegang Kartu Kredit terlebih dahulu.
Selain itu, Penerbit Kartu Kredit juga harus memastikan bahwa perusahaan jasa penagihan juga mematuhi etika penagihan yang ditetapkan oleh asosiasi penyelenggara APMK (Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu).

 

Site Meter

Tags:

68 Comments to “Pasal KUHP dan 6 jurus untuk menghadapi preman debt collector”

  1. Saya memiliki lahan warisan dari kakek, dan ketika ada pelebaran jalan untuk kepentingan umum lahan kami terkena pelebaran tersebut, dengan tanpa meminta izin dan persetujuan saya, masyarakat ber alasan untuk kepentingan umum … yang menjadi permasalahan bahwa lahan sebelah kanan jalan tidak terkena pelebaran dengan alasan bahwa lahan tersebut telah ditanami tanaman keras,seperti pohon kelapa dan pohon jati, sehingga lahan kami yang terus menjadi korban, sedangkan lahan kami berbentuk L mengikuti jalan, ketika kami tegur justru mereka marah.. yang mau saya tanyakan apakah dibenarkan hal tersebut??? dan apakah kami bisa menuntut semua ini??? terima kasih.

  2. mental penjahat yang pemalas itu.., mao duit tapi ga mao keluar keringat..,( ngutang ga mao bayar) ha..ha..ha..,

  3. SUMPAH PALSU DAN KETERANGAN PALSU

    Pasal 242

    (1)� Barang siapa dalam keadaan di mana undang-undang menentukan supaya memberi keterangan di atas sumpah atau mengadakan akibat hukum kepada keterangan yang demikian, dengan sengaja memberi keterangan palsu di atas sumpah, baik dengan lisan atau tulisan, secara pribadi maupun oleh kuasanya yang khusus ditunjuk untuk itu, diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun.

    (2) Jika keterangan palsu di atas sumpah diberikan dalam perkara pidana dan merugikan terdakwa atau tersangka, yang bersalah diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun.

    (3) Disamakan dengan sumpah adalah janji atau penguatan yang diharuskan menurut aturan-aturan umum atau yang menjadi pengganti sumpah.

    (4) Pidana pencabutan hak berdasarkan pasal 35 No. 1 – 4 dapat dijatuhkan.

    • saya mau sampaikan tindakan bank sumut syariah kampung pon sumatera utara sangat tidak manusiawi, mengintimidasi nasabah tanpa perasaan, mereka juga menyebutkan karena mereka petugas syariahlah maka sudah sesuai prosedur tindahkan mereka, saya harap Pimpinan Bank pusat bisa menindak lanjuti petugas yang sudah bertindak demikian, karena bukan hanya nasabah saja yang di sakiti, tapi tindahkan nya sudah mencederai prinsip syariah yang bisa menyakiti umat islam juaga dan saya juga sangat berharap pihak MUI dan pihak lain yang berkompeten bisa menindak lanjuti masalah tindakan premanisme oleh petugas bank yang tersebut di atas agar jangan ada lagi nasabah yang terjolimin bank tersebut .

  4. kami merasah tidak nyaman atas perlakuan seorang dari orang tua siswa kami datang kesekolah memcacimaki kami dan mengancam membakar sekolah.hanya karena anaknya cedera ringan diwaktu sekolah dan di sekolah.kami tidak tau siapa pelakunya.kami berusaha mengusut tapi hasilnya nihil.kemungkinan besar anaknya sendiri secara tidak sengaja melakukannya. kami juga ikuti anak sampai di rumah sakit memastikan status lukanya.menurut keterangan dokter bahwa insya Allah akan sembuh 1 minggu kemudian.tiba-tiba orang tunya membawa anaknya beroabat ke dokter yang lain yang jauh dari daerah kami dengan ongkos perjalanan biaya kurang lebih Rp 250.000 PP dan setelah kembalinya menagih kami Tiga Juta lebih tampa bukti apa-apa.Kami disekolah sudah 1 bulan lebih merasa terganggu dengan hal ini.kami minta bantuan untuk meluruskan permasalahan ini .supaya peroses Belajar mengajar berajalan dengan nyaman kembali

  5. Premanisme harus di sikat di negeri ini, apalagi diduga di bekingi oleh oknum aparat….

  6. Saya pernah mengalami peristiwa yg sangat tidak mengenakan dlm hidup saya. Kejadiannya seperti yg tertera di pasal 368. Memang mereka tdk secara langsung melakukan kekerasan fisik terhadap saya, namun dgn bersikeras utk mengambil Barang Jaminan tanpa memberikan jeda waktu utk saya berpikir itu sdh termasuk katagori pemaksaan dg kekerasan psikis atau kekerasan non fisik. Ketika saya bertanya utk yg terakhir kalinya “Bung, kalau anda terus memaksa mau membawa motor ini tapi saya Ĵūğå tidak mau menyerahkan, apa yg akan bung lakukan?” Terus mereka jawab “bagai manapun caranya saya akan berusaha utk mengembalikan brg jaminan ini”. Apakah itu sdh termasuk katagori kekerasan psikis berupa ancaman yg mungkin membuat perasaan & hati saya jadi tidak tenang…??

  7. Good post. I learn something new and challenging on sites I stumbleupon everyday.
    It will always be interesting to read articles from other writers
    and practice a little something from their sites.

  8. Maaf sblumnya ketika itu datang debt colecctor yg mengaku dr bank HSBC dimana sy punya piutang KK yg sudah sy serahkan pihak ketiga (kuasa hukum) dgn membentak dan memaksa agar segera membayar hutang sy kepada Istri saya saat itu saya berada di luar kota,sangat arogan pihak debt colector tsb,mohon petunjuk….

  9. sebaik nya anda mencari kuasa hukum yang benar 2 menjembatani masalah anda ,bukan hanya makan uang saja dan dengan ada nya kuasa hukum bukan berarti anda tidak membayar ,itu nama nya ngemplang dan penipuan bung.maaf

  10. mohon petunjuk. apabila kami yang mempunyai hak atas tanah tertentu dan kemudian diakui oleh orang lain dengan alasan tanah tersaebut milik orang tersebut dengan bukti surat hiba dari orang laing selembar foto copy surat hiba tanpa ada surat pendukung klain nya dan beliau dengan halus memerintah ke kami untuk tidak menggarap tanah tersebut sebelum selesai . mohon petunjuk kasus ini bisa dimasukkan ke pasal berapa?

  11. Sy saat ini sdg tersiksa oleh intimidasi dan ancaman dari bekas partner bisnis. Awalnya memang sy punya hutang kepada dia, tp saat ini sudah lunas. Selama proses penagihan dia selalu menagih dengan cara menyuruh saya utk segera melunasinya dgn cara apapun. Dan d

  12. Sy saat ini sdg tersiksa oleh intimidasi dan ancaman dari bekas partner bisnis. Awalnya memang sy punya hutang kepada dia, tp saat ini sudah lunas. Selama proses penagihan dia selalu menagih dengan cara menyuruh saya utk segera melunasinya dgn cara apapun. Dan dia selalu memaksa disediakan saat itu jg. Jika tidak sy harus menanggung konsekuensinya. Walaupun saat itu sy sdh sampaikan belum mampu. Tp alhamdulillah skrg sudah lunas. Permasalahan ternyata tdk berhenti sampai di situ. Dia memaksa sy utk mengembalikan dana yg dia setorkan sbg modal kerja sama. Padahal sy sdh lakukan pekerjaan itu semaksimal yg sy mampu. Dan selama pekerjaan itu berlangsung sy belum pernah mendapatkan profit kerja samanya. Katanya nanti kita hitung. Hingga akhirnya bisnis itu tdk bisa dilanjutkan dan kandas sy blom menerima profit selain pinjaman (yg sdh sy lunasi). Dia melakukan intimidasi dan ancaman melalui telpon dan SMS. Apa yg harus sy lakukan ?

    • Mungkin anda yang tidak jujur dan berbelit belit dalam urusan hutang, selain kepada partner anda berhutang mungkin anda punya sangkutan hutang di pihak lain. Jadi coba anda jujur pada diri sendiri betul tidak ucapan saya, kalau dugaan saya salah silahkan konsultasikan ke lembaga bantuan hukum.

  13. saya membutuhkan bantuan LPK. Domisili saya di Lamongan, Jawa Timur.
    Adakah yang bisa bantu saya , ataukah ada referensi buat saya.
    terimakasih

  14. jangan takut jika kita berhutang ke leasing utk cicilan kendaraan motor/mobil/truk/bus karena sebenarnya jika kita tdk mampu membayar maka akan ada pihak asuransi yg akan melunasinya dengan syarat kita harus membuat surat kepailitan dari notaris yg berkompeten dan pihak asuransi itu sudah kita bayar bersama dengan DP kendaraan. jadi persetan dengan debt collector yg tdk punya urusan apapun dengan kita coba2 mengatur urusan hutang-piutang kita dengan leasing…ingat jangan jadi orang bodoh tertipu dgn mulut debt collector…jadilah konsumen yg cerdas paham hukum. utk menghadapinya tdk perlu menggunakan pengacara atau kuasa hukum

  15. debt colektor adalah preman jalanan yg sering memaksa org yg pnya utang yg tak mengerti jalan hukum.

  16. Hey there! This post couldn’t be written any better! Reading
    this post reminds me of my good old room mate!
    He always kept talking about this. I will forward this article
    to him. Pretty sure he will have a good read. Thanks
    for sharing!

  17. An impressive share! I have just forwarded this onto a colleague who has
    been conducting a little research on this. And he actually ordered me lunch simply because I found
    it for him… lol. So let me reword this….
    Thank YOU for the meal!! But yeah, thanx for spending time to talk about this subject here on your web page.

  18. Saya mempunyai sisa utang usaha sebesar 200 jutaan, kemarin malam datang ke rumah wakil perusahaan dengan ditemani dua orang cepak. Intinya saya harus melunasi hutang sampai akhir bulan. Karena belum mampu, saya diharuskan membuat surat pernyataan tentang kesanggupan membayar. karena merasa tertekan akhirnya saya membuat surat pernyataan di atas materai untuk membayar 10 juta pada 31 Desember 2014.

    Selain itu, mereka minta 3 unit sepeda motor sebagai “itikad baik” saya untuk melunasi utang. Setelah negoisasi hanya 1 sepeda motor yang dibawa beserta BPKB dan STNKnya. Ketika saya minta tanda terima, wakil perusahaan mengatakan, masa tidak percaya sama Bapak Tentara.

    Semua ini saya lakukan untuk melindungi 2 anak kecil yang berumur 4 tahunan.

    Apakah yang harus saya lakukan? Kemana saya harus mengadu? Adakah lembaga bantuan hukum di Jawa Barat yang bisa membantu saya?

  19. If you desire to grow your familiarity simply keep visiting this
    site and be updated with the latest news posted here.

  20. Hi fantastic blog! Does running a blog similar to this
    require a large amount of work? I have very little knowledge of computer programming but I was hoping to start my own blog soon. Anyhow, if you have
    any suggestions or techniques for new blog owners please
    share. I understand this is off subject however I simply had to ask.
    Cheers!

  21. Lucu y kok ky gini dibahas.yg benar itu mengajarkan setiap hutang wajib dibayar tepat waktu krn sadar gak ya akan berdampak ke negara ini jg…kl debt collector tu bekerja cari uang dan saya rasa sdh wajar kl mereka agak maksa krn yg halus2 sdh diberitakan sblm debt trs dtg…enaknya ky ni kl mmg lom sanggup utk ambil barang scr kredit enakkan gak usah saja, selama msh kredit barang trsb msh punya yg ksh kredit/kreditur jd debitur harap sadar diri…

  22. It’s an remarkable paragraph in support of all the
    internet viewers; they will take benefit from it I am sure.

  23. Sadar ngk kalau barang yang anda cicil akan resmi milik anda jika sudah lunas..debt collector bukn preman tapi dia org yang dikuasakan penuh terhadap kendaraan atau barang yang anda cicil agar bisa di eksekusi..mereka memiliki surat resmi jadi kalaupun mereka meminta untuk di dampingi dri pihak kepolisian maka itu wajar dan sah saja krna ingat barang yang anda cicil itu bukan milik anda dan ketika anda tdk melakukan kwajiban anda maka anda dinyatakan telah melanggar perjanjian dan itu pelanggaran hukum..!! Enak aja udah ambil barang ngk mau bayar trus ngk mau balikin pula..emang luh siapa..hahahahaha

    • Emak lo pelacur udah berapa tahun jal ? Short time berapa ? 50rb cukup kagak ? Wakakakakakkakakkaka

    • Maaf sblmnya???prjanjian apa yg anda mksd???perjanjian utk utangpiutang itu namanya prjanjian fidusia,,,tp perlu di ingat perjnjian fidusia hrus dibacakan dan ditandatangani di depan notaris,tp knyataannya tidak,,,brrti itu bukan prjanjian fidusia melainkan perjanjian sepihak,,,untuk menguntungkan pihak pmberi pinjaman!!!apkh itu bukan trmasuk pidana???ingat nasabah pnya lindungan hukum sedangkan pemberi pinjaman tidak sama sekali,,,jd tlng teliti lg,,,namanya hidup pasti berputar,,,kadang diatas dan kadang di bawah,bukannya tidak mau membayar,,,tp kl keadaan lg menekan mau gmna?!?ya kita hrs cari perlindungan,,,dan tetap mlihat dr segi agama,,,utang itu psti hrus kita bayar,,,tp kl selalu ditekan oleh deptcolektor2 bajingan, apakah kita bisa birpikir utk mncari solusi utk mndapat pemasukan utk mmbayar utang,,,jwbnnya psti tdk khan???dan knpa ada deptcolektor,,,itu hanya akal2an leaeseng agar lbh irit drpd lwt perdata,,,cuman kasihan orng2 yg gk ngerti hukum,,,,

      • Jalil on…sabar jgn ikut2an emosi..
        Saya tdk memihak siapapun ya..
        Tp km hrs tau bhw motor/mobil yg d cicil itu atas nama debitur…jd klu or nya tdk rela menyerahkan unitnya scr iklas itu dikatagorikan …”PERAMPASAN”… itu bisa menjerat si perampas dg …PASAL 368, 365 KUHP ayat 2,3 dan 4 junto PASAL 335
        Karena yg berhak exskusi/ menarik unit haya pengadilan… polisi dlm hal ini tdk boleh ikut campur.. klu mau unit itu di exskusi hrs ada sidang pengadilan dulu yg memutuskan.. begitu kira2 …thanks

  24. yang paling mengganggu adalah dept coll dari kartu kredit…. yang ngga habis pikir… dept coll nelpon alamat referensi… dan marah2… kenapa ngga dateng aza yah ke rumah nasabahnya??? dasar ngga tahu adat…dan sopan santun….udah marah2… ngancam lagi…. gue laporin juga nech ke aparat…negara kita negara hukum…semua bisa diselesaikan dengan hukum …bung… negara kita bukan negara preman…. kalo lagi lancar za… cuek2… eh.. ada telat denda nya minta ammmpyuuuunnnn…..males jadinya berhubungan lagi dengan kartu kredit…selesaikan za lah dengan cara hukum perdata… biar tuntas dan ngga ada ancam mengancam lagi…

  25. @jalil: kalo mau fair cicilan kendaraan yang di tarik itu di hitung bahwa si nasabah udah cicil berapa dan kekurangannya berapa. Kalo nasabah udah cicil sealam 30 bulan yang notabene tenor yg di ambil itu 36 bulan ya harus fair juga bahwa jika leasing mau ambil dan di jual, maka hasil penjualannya juga harus transparan, dan kelebihan dari sisa tunggakan pembayaran dikembalikan ke nasabah. Ga mau rugi? ya di perketat itu sistem analis nya, leasing kejar setoran juga, dapet untung juga dari narikin barang. dapet untung kanan kiri, dilunasin untung, di tarik untung. Sistem kampret, di support orang-orang kampret (DC). Buat yg terlanjur kredit jadikan pelajaran, jangan lagi ikutin sistem orang2 kampret. Beli jika sudah mampu

  26. teman sy bekerja di asuransi jiwa dan memakai uang premi nsbh. Oleh perusahaan ass sdh mendpt sanksi surat peringatan atas laporan nsbh. tapi nsbh msih menagih terus uang preminya semua ke teman sy itu (sebagai agennya) padahal premi ass itu kan sebagian sdh masuk di perusahaan ass, masakan nsbh minta semua di kembalikan oleh teman sy ???sgn ancaman akan dilaporkan ke polisi. Apakah kasus ini bs di proses???

  27. pak saya mau tanya saya melakukan kerja sama dengan teman saya dan pada akhirnya kami berdua bangkrut dan teman saya menagih kepada saya uang modal usaha mengunakan jasa polisi, pada dasarnya uang itu sudah saya angsur mengembalikanya,pada saat penagihan saya di luar kota kemudia mereka menagih pada orang tua saya meminta penuh uang itu dan orang tua saya di paksa membuat surat pernyataan penuh membayar penuh uang itu dalam jangka waktu 3 bulan.dan merekan mengambil 1 unit motor sebagai jaminan saya mau tanya pak kalo di hukum perdata dan pidana kami harus bagai mana pak menghadapi mereka pak..mohon petunjuk nya pak

  28. Jalil guoblokkk !!! Kasian lo cari duit dari cara kriminal , gw pastiin keluarga lo kagak ada yg bener, jangan2 emak lo dlu pelacur.buapak loo gigilo .anak lo skrg jadi perek 10rban …hahahhahahaha

  29. Kembalikan lagi kepres Petrus , preman2 sebaiknya di tembakin kyk jaman soeharyo dulu, tembak mayatnya buang ke kali. Preman adalah kriminal yang jasadnya ga layak dikubur di tanah. Hahahhaha, kasian pengangguran, susah cari kerjaan…hahahahhaha mati aja lu

  30. slmat mlem
    sya dlu motornya d bwa sma kolektor, kjduanya tgl 30 april 2015

  31. nih contoh lagi ulah debt collector (dari Sinar Mas Multifinance)
    Keluarga Korban Penagih Utang Sinar Mas Multifinance Protes
    SABTU, 06 JUNI 2015 | 20:40 WIB
    share facebook
    share twitter
    share google+
    share pinterest
    Keluarga Korban Penagih Utang Sinar Mas Multifinance Protes

    Ilustrasi. freedommag.org
    TEMPO.CO, Makkasar – Keluarga almarhum Masyhuri masih tidak terima atas tindakan brutal debt collector atau penagih utang yang disewa PT Sinar Mas Multifinance.

    “Selain proses hukum di kepolisian, mesti ada pertanggungjawaban moral dari PT Sinar Mas atas perilaku para pegawainya yang di luar batas kewajaran,” kata Syarif, kerabat Mashuri yang tewas pada Minggu, 31 Mei 2015 di kediamannya di Kampung Batu Tambung, Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya.

    Jumat, 5 Juni 2015, pihak keluarga dan puluhan mahasiswa berunjuk rasa di Kantor Cabang PT Sinar Mas Multifinance di Jalan Pengayoman, Kecamatan Panakkukang, Makassar.

    “Semua yang terlibat, baik pimpinan maupun karyawan harus ditangkap dan diadili. Tindakan sewenang-wenang tak boleh terus dibiarkan,” kata koordinator lapangan aksi, Muallim Bahar. Menurut Muallim, PT Sinar Mas Multifinance tak boleh lepas tangan mengingat insiden nahas itu dilakukan pegawainya

    Aksi demonstrasi itu membuat grup bisnis PT Sinar Mas tak bisa beraktivitas seperti biasanya. Bank Sinar Mas, Sekuritas Sinar Mas, Sinar Mas MSIG dan Asuransi Sinar Mas menutup kantornya lebih awal.

    Para pengunjukrasa mulai tenang, ketika manajemen PT Sinar Mas Multifinance bersedia menemui perwakilan keluarga Masyhuri dan mahasiswa. “Kami minta maaf dan turut berduka atas kejadian tersebut,” ucap Ikhsan, perwakilan PT Sinar Mas Multifinance. Dia akan menampung tuntutan demonstran dan berjanji menindaklanjuti.

    Pembunuhan Masyhuri terjadi di kediamannya di Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya. Tiga debt collector yang terlibat penganiayaan adalah Syarifuddin, Fatahillah dan Alvikran (30). Mereka sudah ditangkap aparat Polsek Biringkanaya dan ditahan di Markas Polrestabes Makassar.

    Dalam insiden nahas itu, tidak hanya Masyhuri yang menjadi korban. Anak Masyhuri, Yusuf (22) juga dibacok pada bagian perut. Yusuf mesti menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Wahidin Sudiro Husodo, Makassar. Adapun, nyawa Masyhuri tidak tertolong karena luka tikaman pada bagian dada yang amat parah.

    TRI YARI KURNIAWAN

  32. Salam, terima kasih kepada C. Windro AT yang telah memuat tulisan dan tips ini, semoga berguna bagi para nasabah yang lagi terpuruk tak terkecuali saya.
    Mohon kepada C. Windoro AT kiranya berkenan mengirim tips di atas beserta pasal dan ayat2 KUHP terkait
    Semoga tulisan C. Windoro AT dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Amin

  33. Terima Kasih atas informasinya

    Jual dan Jasa Cetak Kartu Anggota Partai
    Tidak Luntur, Patah ataupun Terkelupas
    Hubungi 031 805 2559

  34. debt collektor = anjing

  35. ada baiknya buat konsumen bila tak sangup bayar cari pembeli brang anda dan alihkan tetapi dengan kontrak baru kepada pembeli kendaraan anda agar terbebas dari tanggung jawab pembayaran.,agar mengurangi kerugian uang anda yg sudah masuk,tapi konsumen juga harus sadar bahwa Hutang anda wajib dilunasi karna konsumen sudah dibantu pihak Finance memiliki keinginnya,dan juga jgn mengadaikan kendaraan kepihak lain dikarnakan akan masuk ranah Hukum pasal pengelapan,intinya konsumen dan Finace tahu akan hak dan kewajibanya,kasus ini biasa terjadi karna ketidak tahuan konsumen akan Hukum dan terkadang menghilangkan bahkan ada niat2 konsumen melakukan penipuan ,Carilah jalan keluar yg terbaik sebelum terjadi penarikan ,

  36. baca dulu hak dan kewajiban dan batasan yg berhak menyita suatu barang hanya pengadilan saja tidak boleh yg lain .dan juga surat pidusia tidak berhak menyita barang kecuali sudah di sah kan oleh pengadilan yg bersangkutan dan sudah di sidang kan .gak perlu dgn preman dan kolektor banci saja bisa bawak barang sita an kalo p[ersudur jelas dan lengkap

  37. sy sedikit cerita tentang hutang yang saya miliki. 1. kami menjual tanah dgn luas 30 are , dan baru di kasi uang 40 jt ini di bilang dp , setahu saya dp setengah dari harga jual , dengan perjanjian yang akan di byr dan mau melunasi pada awal bulan ternyata meleset semuanya , akhirnya kami minta sisa pembayaran dia tidak bisa melunasi dan dia membatalkan sepihak , yg jadi pertanyaan saya apa bisa uang yang sudah di berikan kepada saya sejumlah 40 jt itu di minta lagi sedangkan saya tidak ada perjanjia tertulis , dan sebeulan kemudian dia mengunakan deb colector preman / ormas untuk menagih uangnya kepada saya ,,,,! sekarang apa yang saya lakukan terhadap preman tersebut ,

    made di bali

  38. saya memiliki saran apabila anda dihadang ditengah jalan dan dipaksa untuk menyerahkan jaminan kredit baik mobil/motor, cobalah untuk bersikap tenang terlebih dahulu, terlebih apabila yang akan menyita berjumlah lebih dari 2 orang. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menanyakan identitas si penagih disertai surat kuasa dari kantor yang menyuruhnya, dalam surat kuasa seharusnya dicantumkan nama yang diberi kuasa, setelah dia menunjukan surat kuasa, anda bertanya siapa yang bernama “xxx” yang tercantum dalam surat kuasa, setelah itu anda dengan tegas mengatakan bahwa hanya bapak “xxx” saja yang diberi kuasa, jadi saya hanya akan bicara dengan bapak”xxx” yang lainnya diharap menjauh atau meningalkan tempat ini, karena jika tidak ini akan menyalahi ketentuan kuasa yang diberikan. setelah anda berbicara face to face kepada yang diberi kuasa “cobalah menjelaskan kenapa anda telat membayar dengan alasan yang jujur dan masuk akal, seperti contoh : saya sedang berusaha meminjam uang untuk melunasi jaminan ini dan apabila bapak ambil kendaraan ini sudah pasti saya tidak bisa melunasi hutang saya”. kebanyakan debt collector akan berkata itu bukan urusan saya dan saya hanya melaksanakan tugas. Nah itu adalah jawaban yang sangat-sangat tidak manusiawi dan tindakan anda selanjutnya coba kembali bernegosiasi dengan debt collector, apabila dia berkata saya akan ambil motor anda, katakan jika saya tidak memberikan apa yang akan bapak lakukan..? cobalah bertanya dengan halus, setelah itu pasti ada perkataan yang terlontar dari yang diberi kuasa. tindakan selanjutnya adalah tetap tenang dan jangan takut, Saya pernah diposisi ini, selanjutnya dia tetap memaksa untuk membawa kendaraan anda “beranikan diri anda dan percaya dengan hukum” katakan saya yang akan bawa kendaraan kekantor dan saya akan bicara dengan atasan bapak. setelah sampai di kantor parkirkan kendaraan anda diluar kantor dan berjalanlah kedalam kantor. sampai didalam tekanan mental akan semakin meningkat, setelah anda bertemu atasan yang mempunya wewenang coba menjelaskan lagi untuk memberikan tenggang waktu, atasan yang manusiawi pasti akan mengijinkan anda membawa kendaraan anda, tapi atasan yang merupakan calon penghuni neraka akan menjawab saya hanya ditugaskan dan saya sudah memberikan banyak waktu untuk anda. jika mendengar perkataan itu ada jalan terbaik “katakan pada atasan itu bahwa saya akan membuat laporan di kantor polisi agar diberi waktu untuk membayar hutang tanpa harus sita kendaraan, selanjutnya atasan itu biasanya akan naik pitam dan berkata “tidak ada urusannya dengan polisi, dengan santai anda berkata ‘saya akan tetap ke kantor polisi” perlahan anda jalan dan keluar kantor, apabila anda dihalang-halangi, dengan tegas berkata satu orang saja menyentuh saya, saya pastikan anda akan ditahan. karena anda punya hak untuk tidak dipaksa dan atau dihalang-halangi, setelah mereka mendengar perkataan itu sudah pasti tidak akan ada yang berani menyentuh anda karena itu akan merugikan pihak pemberi kredit. selanjutnya anda pergi menuju ke polres atau polda setempat. disana pihak dep akan mengirim utusan untuk membuntuti anda, jangan takut dan santai. sesampainya dikantor polisi, anda langsung menuju kebagian pelaporan, jika tidak tau silahkan tanya petugas yang terdekat. sesampainya diruangan, anda akan dilayani, disana anda ceritakan semua kejadian yang anda alami, dan jangan lupa berkata, memang saya salah tidak membayar tapi saya punya alasan kenapa saya tidak bisa membayar, dan saya sudah memohon untuk diberi kelonggaran waktu, namun pihak pemberi kredit tetap memaksa untuk menyita motor saya, dan saya berkata saya ingin ke kantor polisi untuk mendapat perlindungan bapak. “kebanyakan polisi sdh terlatih untuk menangani masalah seperti ini” dia tidak akan membuat laporan apa-apa tetapi polisi akan membuat pernyataan bahwa anda akan membayar pada tgl-sekian-bln sekian-, selanjutnya pihak pemberi kredit akan dimintai keterangan, kebanyakan polisi yang baik akan berkata (ini berdasarkan pengalaman saya baik pribadi ataupun saat membatu teman menghadapi masalah serupa) POLISI :(bertanya pada yang diberi kuasa) anda diberi kuasa oleh siapa dan untuk apa..?, selanjutnya pihak yang diberi kuasa sebut saja xxx akan berkata siapa yang membri kuasa, POLISI : terus mau anda apa..?, xxx : akan berkata saya disuruh menyita motor karena sdh macet kredit selama sekian bulan, POLISI : ya sudah, kalau polisi yang nyita motornya gimana..?, xxx pasti akan menjawab tidak bisa pak, POLISI : Loh kok tidak bisa, mana aturan baku anda bisa menyita kendaraan seseorang, biasanya xxx akan terdiam, POLISI : Ya sdh, sekarang bapak ini akan berjanji melunasi hutangnya pada tgl sekian – bln sekian, (biasanya maksimal 1minggu), dan pembayaran dilakukan di hadapan POLISI. xxx akan berkata : wah tidak bisa seperti itu pak, ini harus dilakukan di kantor, POLISI : Biasanya akan berkata “Loh anda menghadang orang dipinggir jalan bisa, anda punya kaki kan..?, ya sudah, pembayaran dilakukan disini saja, dan kendaraan polisi yang amankan. Anda jangan takut terlebih dahulu, karena polisi hanya akan mengambil surat pernyataan anda dan memberikan anda memakai kendaraan anda kembali “tentu sesuai dengan batas pembayaran yang tertera dlm perjanjian”. dengan demikian anda tidak perlu takut menghadapi situasi semacam ini, saya yakin dan sangat yakin polisi akan berpihak kepada anda terlebih melihat etikat baik anda untuk membuat pernyataan dikantor Polisi. Hati teguh dengan niat baik serta sopan santun akan membantu anda menyelesaikan masalah, semoga anda melakukan hali ini dengan alasan yang jujur dan masuk akal, karena setiap manusia terkadang mengalami kendala terutama dibidang ekonomi, satu hal yang harus dicatat, kesungguhan dan kejujuran akan menuntun anda untuk menyelesaikan segala masalah hidup ini. Hidup Hukum, Hidup Polri, Hidup Rakyat-rakyat yang karena keadaan tetap kuat dan tabah menghadapi segala masalah. Percayalah Tuhan bersama kita.

  39. Memang menagih hutangg dengan cara kekerasan harus dihapuskan kita tidak baik mencibir seseorang yang kita tidak tahu fakta dan kebenarannya entah mama nya pelacur atau bapa nya, disini karakter anda terlihat picik dalam menyelesaikan masalah anda, Hutang harus tetap dibayar bagaimana caranya mungkin dengan angsuran yang lebih ringan dan di selesaikan sampai lunas tanpa bunga tambahan. saya yakin orang atau perusahaan akan mengerti keadaan kita asal jangan kita mengelak bayar hutang tapi gaya hidup tinggi, pakai motor keren, hp mahal, mobil mewah hutang segudang, tidak logika, tapi jika anda punya hutang dan benar dalam keadaan pailit banyak berdoalah sesuai kepercayaan saudara/i. Tuhan pasti tolong. bumi saja diciptakan hanya dengan ucapanNya apalagi hutang kita yang tidak seberapa. Ambil hikmah di balik masalah Anda, semua dapat diselesaikan dengan baik baik.

  40. Untuk para pakar saya mohon petunjuk mengenai pelunasan kartu kredit dengan metode cicilan, saat ini saya pemegang kartu kredit BNI ( Visa dan Master ). karena kondisi perekonomian saya maka saya tidak bisa membayar cicilan kartu kredit tersebut. saya punya niat baik untuk membayarnya tapi dengan metode cicilan, mohon petunjuk bagaimana caranya

  41. Mhn pencerahan min.. Sy pernah membaca UU No.42 Tahun 1999 ttg Jaminan Fidusia. Apabila barang/objek pembiayaan/penjaminan menggunakan perjanjian Fidusia (telah didaftarkan sebagai Jaminan Fidusia pd Dept Kemenkumham), maka akan berlaku UU tsb. Adapun keunikan pd UU tsb adalah pd pasal 15 dan pasal 29 ttg Eksekusi Jaminan Fidusia yg memiliki kekuatan yg sama dgn putusan pengadilan (hak eksekutorial), yaitu apabila debitur/pemberi fidusia cidera janji (angsuran nunggak dll), maka penerima fidusia/kreditur mempunyai hak eksekutorial yg dpt mengeksekusi langsung (ada di penjelasan dlm UU tsb). Mhn pencerahan admin dikaitkan dgn tulisan admin dlm menghadapi penagihan (debt collector) agar masy lebih paham dan tdk terjadi konflik pd saat penagihan oleh lembaga pembiayaan (leasing, debt collector, dll)… trims sebelumnya.

  42. ya gini aja kalo gak mau ditagih bayar utangnya, pasal2 itu kan biasanya dipakai bagi orang-orang yang pengin menangnya sendiri, mau hutang gak mau bayar, mau motornya tapi gak mau cicilannya, gitu aja kok repot.

  43. Sandi. Saya nasabah bank BRI d daerah bogor, sya punya utang sma bank bri sbesar 25 jt dngan cicilan sbesar 1,8 jt/ bln ny slama 18 bln,dan sya udh mnunggak 4 bln dan dari pihak bri mau mnjual rmh sya yg mnjadi barang jaminan tnpa prsetujuan dÀri saya padahal saya udh laporkan keadaan sya sdang pailit usaha sya bangkrut ,apakan itu d bnarkan..?mohon info

  44. saya adalah relasi dari salah satu teman saya yang mengalami pemerasan oleh Direksi PT. Bank Artha Graha Internasional, Tbk. saya sungguh prihatin dengan apa yang dialami oleh teman saya tersebut yang mengalami pemerasan secara tidak manusiawi yang dilakukan oleh seorang pejabat Bank tersebut yang bernama Handoyo (Jet) Soedirjad. Rekan saya adalah nasabah di Bank tersebut namun terdapat kendala dalam usahanya, dan akhirnya oleh si Direksi memaksa teman saya untuk menjual semua assetnya walau pun bukan agunan di Bank tersebut. padahal teman saya melakukan pinjaman ke Bank tersebut juga disertai dengan agunan. tapi tetap saja dilakukan teror untuk melakukan pemerasan terhadap teman saya dengan ancaman akan melaporkan tindakan penipuan berdasarkan surat pengakuan penipuan yang dibuat saat teman saya diundang oleh direksi tersebut ke Jakarta dengan dibawah ancaman (pisau) dan perlakuan yang tidak menyenangkan. dan hal ini menimbulkan kegeraman oleh warga kami yang mengetahui hal tersebut dan akan memicu terjadinya persinggungan ras dan SARA. dimana Handoyo (jet) Soedirjad terkesan seolah2 sebagai orang yang harus ditakuti dengan memerintahkan KOPASUS untuk turun tangan yang memback up nya. apakah ini yang dinamakan partner dalam usaha? dengan mementingkan tindakan yang sewenang-wenang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: