26 BPD ‘Mimpi’ Merger Jadi Satu


Kamis, 17/02/2011 14:33 WIB
26 BPD ‘Mimpi’ Merger Jadi Satu
Herdaru Purnomo – detikFinance

Jakarta – Seluruh Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang jumlahnya ada 26, bermimpi melakukan merger menjadi satu entitas Bank yang menguasai seluruh daerah di Indonesia. Dengan bergabungnya BPD menjadi satu maka dari sisi aset dan skema permodalan BPD menjadi lebih kuat dan ekspansi kredit bisa lebih besar.

Demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Mulyanto dalam konferensi persnya di Hotel Mulia, Kuningan, Jakarta, Kamis (17/2/2011).

“Sebenarnya dengan melakukan merger maka aset BPD akan masuk ke 4 besar. Itu menjadi salah satu solusi juga untuk menghadapi permodalan serta ekspansi kredit akan lebih besar,” ujar Mulyanto.

Menurut Mulyanto, opsi untuk melakukan merger sudah menjadi keinginan dari Asbanda. Namun, sambung Mulyanto masih ada beberapa kendala yakni pemegang saham dari masing-masing bank daerah tersebut.

“Memang ada sebuah kendala, yakni pemikiran dari pemgang sahamnya. Jadi istilahnya ketika nanti dimerger maka rasa kepemilikan daerah kepada BPD bisa hilang,” tuturnya.

Maka dari itu, Mulyanto menekankan opsi merger hanyalah sebuah ‘impian’ BPD ke depan. Menurutnya, untuk menghadapi permodalan yang harus ditingkatkan menjadi 15% untuk Rasio Kecukupan Modal (CAR) opsi seperti penawaran saham perdana (IPO) dan penerbitan obligasi masih menjadi nomor satu.

Di 2011 Mulyanto mengungkapkan BPD menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 25%.

“Sampai Desember 2010 total aset BPD seluruh Indonesia mencapai Rp 239,14 triliun dari sebelumnya Rp 200,54 trilium atau tumbuh 19,24%. Volume kredit mencapai Rp 143,70 triliun dari sebelumnya Rp 120,75 triliun atau tumbuh 19,01%. Untuk DPK tercatat sebesar Rp 183,65 triliun dari sebelumnya Rp 152,25 triliun atau tumbuh 20,61%,” tutup Mulyanto.

(dru/dnl)

Advertisements
Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: