Trans Corp Siap IPO di 2015


Kamis, 24/02/2011 08:55 WIB
Trans Corp Siap IPO di 2015
Herdaru Purnomo – detikFinance

Jakarta – PT Trans Corporation (Trans Corp) berencana melakukan Penawaran Umum Saham Perdana (IPO) di 2015. Pemilik Trans Corp, Chairul Tanjung mengatakan dalam 5 tahun kedepan nilai kapitalisasi pasar saham akan melambung hingga Rp 10.000 triliun sehingga menjadi saat yang tepat dalam melakukan IPO.

“Saya ingin nantinya dalam 5 tahun kedepan market caps (kapitalisasi pasar) akan meningkat 4 kali lipat sehingga untuk apa dilepas saat ini tetapi nanti dalam lima tahun kedepan,” ujar Chairul Tanjung ketika ditemui usai acara Bank Mega Costumer Gathering dan Perbincangan Outlook Ekonomi 2011 di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu (23/2/2011) malam.

Menurutnya, Trans Corp yang mempunyai dua stasiun televisi yakni Trans TV dan Trans 7 akan digabung menjadi satu terlebih dahulu sebelum melakukan IPO. Selain itu, dirinya akan terus menumbuhkan lini bisnis media yang menjadi core Para Group untuk masuk kedalam bidang seluruh bidang media.

“Saya tidak akan masuk bursa kecuali perusahaan tumbuh dan market caps lebih dari Rp 10.000 triliun yakni dalam 5 tahun kedepan. Seiring dengan itu maka nantinya Trans 7 dan Trans TV akan menjadi satu dibawah Trans Corp,” jelasnya.

Dikatakan Chairul, seluruh proses delivery channel media akan digarap oleh Trans Corp termasuk mendirikan media online.

“Semuanya akan dimasukkan, tadinya untuk media online kan mau shortcut artinya akusisi. Tetapi kemarin kita sudah negosiasi eh ngga jadi dijual padahal sudah deal ya mau tidak mau ya bikin sendiri,” jelasnya.

9 Bank Sindikasi Berikan Pinjaman Ke Para Group

Pada bagian lain, Para Group yang menjadi pemegang saham dari Trans Corp telah menggandeng 9 bank untuk melakukan pembiayaan. Chairul mengatakan pinjaman dalam bentuk US$ tersebut dilakukan pada Maret 2011 dengan nilai yang signifikan.

“Kita dalam waktu dekat ada 9 bank akan menandatangani sindikasi pembiayaan dengan Para Group nilainya belum bisa didisclos, tunggu sajalah,” kata Dia.

Dengan adanya pinjaman tersebut, Chairul mengatakan pihaknya tidak akan menerbitkan Global Bond untuk mendukung ekspansi perusahaan. Hal ini dikarenakan bunga yang diperoleh melalui pinjaman bank lebih rendah dibandingkan dengan Global Bond.

“Pinjaman tersebut akan digunakan untuk mengembangkan Para Group secara keseluruhan,” tukasnya.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: