Bank Beraset di Atas Rp 10 Triliun Mulai Umbar Bunga Kredit


Kamis, 31/03/2011 16:14 WIB
Bank Beraset di Atas Rp 10 Triliun Mulai Umbar Bunga Kredit  
Herdaru Purnomo – detikFinance 


Foto: dok.detikFinance

Jakarta – Bank Indonesia (BI) telah mengumpulkan data-data Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang diwajibkan untuk diumumkan oleh bank tepat pada hari ini. Dari seluruh bank yang diwajibkan mengumumkan SBDK-nya yakni bank dengan aset di atas Rp 10 triliun, hanya beberapa BPD saja yang belum mengumumkannya.

Demikian disampaikan oleh Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan Wimboh Santoso dalam diskusi mengenai Prime Lending Rate di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (31/3/2011).

“Sebanyak 43 bank dengan di atas 10 triliun sebagian besar sudah mengumumkan suku bunga dasar kreditnya. Namun ada beberapa BPD dan kebanyakan di luar DKI yang belum mengumumkan,” ujar Wimboh.

Dari data BI, Wimboh mengatakan suku bunga kredit korporasi tercatat yang paling rendah sebesar 7,32% Sedangkan bunga kredit korporasi yang paling tinggi sebesar 12,3%. 

“Untuk kredit ritel sebesar 9,73% tercatat paling rendah dan ada juga bank yang mencatat suku bunga kredit ritelnya sebesar 21,9%. Tetapi secara keseluruhan rata-rata bank suku bunga kredit ritelnya sebesar 13%,” tambahnya.

Untuk suku bunga KPR, Wimboh menyampaikan terdapat bank yang paling rendah menawarkan suku bunga dasar kreditnya di 8,73%. Sementara di KPR suku bunga yang paling tinggi sebesar 14,1%.

“Untuk non KPR tercatat yang paling rendah 9,72% dan tertinggi  23,6%,” kata Wimboh.

Seperti diketahui, BI mewajibkan bank untuk mengumumkan suku bunga dasar kredit yang belum termasuk premi risiko alias Prime Lending Rate. Hal ini dilakukan untuk melihat efisiensi perbankan dan mendorong transparansi industri perbankan. Aturan ini mulai diberlakukan per 31 Maret 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: