Palsukan Paspor, Gayus Tambunan Diancam 7 Tahun Penjara


Koran Tempo 29 April 2011
Gayus Tambunan bakal kembali menghadapi sidang.
Kali ini terdakwa kasus mafia pajak itu harus menghadapi kasus pemalsuan paspor. Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang Chaerul Amir mengatakan Gayus akan dijerat dengan lima pasal dalam Undang-Undang Keimigrasian dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.“Kami menggunakan pasal ‘pukat harimau’. Jadi jaring di sini agar tidak lepas. Ancaman hukumannya tujuh tahun penjara,”kata Chaerul mengistilahkan pasal berlapis itu saat ditemui di kantornya kemarin.

Gayus ditetapkan sebagai tersangka kasus pemalsuan paspor saat pergi ke Singapura, Makau, dan Malaysia. Dia menggunakan paspor bernomor T-116444 dengan nama Sony Laksono. Kemarin polisi menyerahkan bukti, berkas, serta tersangka kasus itu ke kejaksaan.
Saat pelimpahan, Gayus tiba di kejaksaan dengan menumpang mobil KIA Travello perak berpelat 161101 dengan lambang Mabes Polri.

Dia duduk di kursi tengah, dan sembilan polisi berseragam lengkap mengawal Gayus. Gayus mengenakan kaus oblong berwarna

ungu, celana abu-abu, dan sepatu hitam. Saat tiba di kejaksaan, tidak ada sepatah kata pun keluar dari mulutnya.
Chaerul menjelaskan modus pemalsuan paspor yang dilakukan bekas pegawai Direktorat Pajak itu.

Menurut dia, paspor yang digunakan Gayus diterbitkan di Kantor Imigrasi Jakarta Timur. Namun paspor tersebut ternyata sudah dikeluarkan atas nama seseorang berinisial MIA.“Data paspor itu malah digunakan kembali oleh Gayus dengan bantuan Ari Kalap, rekan Gayus, dan Jhon Jeromy, warga Ameri

ka yang buron,”kata Chaerul.
Adapun Dion Y. Pongkor, pengacara Gayus, mengatakan kliennya tidak mengetahui bahwa paspornya palsu.“Toh, klien kami bisa lolos saat pemeriksaan Imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Dion setelah mendampingi Gayus di kejaksaan.

Pelimpahan berkas Gayus berlangsung kurang-lebih satu setengah jam dari pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 14.20. Seusai pelimpahan berkas, Gayus tidak banyak berkomentar. Dia hanya menjawab singkat, “Baik, sehat, alhamdulillah.” ● AYU CIPTA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: