Rakyat adukan 6 perkara ke Presiden


Rakyat adukan 6 perkara ke Presiden
Oleh Irsad Sati & Linda T. Silitonga
E-mail
Print
PDF
Published On: 23 May 2011

JAKARTA: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta anggota Kabinet Indonesia Bersatu II untuk membereskan enam pokok aduan yang disampaikan rakyat kepadanya melalui saluran SMS dan PO BOX 9949 yang masuk langsung kepada Kepalan Negara.

“Ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian kita semua [menteri] dari yang diadukan masyarakat. Jumlah SMS masuk 822, jumlah surat masuk 61 surat [periode 1-14 Mei]. Jumlah surat langsung dibalas ke pengadu 3 surat sebagian sudah disalurkan atau tidak perlu dilakukan tindak lanjut karena sifat sms atau suratnya,” ujarnya dalam rapat kabinet terbatas yang juga dihadiri wapres Boediono di Istana Presiden, hari ini.

Menurut dia, setidaknya ada enam isu penting yang perlu mendapatkan respons dari pemerintahan, yaitu penanganan masalah perkembangan NII, dukungan terhadap langkah pemberantasan kejahatan terorisme, permintaan masyarakat agar mempercepat proses penerbitan SK pensiun, memasukan kembali mata pelajaran Pancasila dalam kurikulum sekolah, pencegahan terulangnya kecelakaan transportasi udara, darat maupun transportasi laut hingga penolakan legalisasi penggunaan ganja.

Menurut dia, karena semua berasal dari aduan masyarakat sendiri yang diserap melalui media komunikasi langsung dirinya dengan rakyat, maka perlu menjadi perhatian.

“Inilah yang saya gunakan sebagai thermometer untuk mengukur suhu denyut nadi kehidupan masyarakat karena biasanya disampaikan terbuka, terus terang, ada yang bahasanya keras, ada yang moderat, sebagian besar jernih dan obyektif.”

Presiden memberi contoh soal desakan dari PNS soal percepatan proses administrasi SK pensiun yang harus direspon cepat oleh Badan Administasi Kepegawaian Negara.

Dia menuturkan rakyat yang mengeluhkan masalah ini merasa prosesnya terlalu lama dengan proses hingga 7 bulan. “Saya minta diubah kalau 4 bulan ubah jadi 1 bulan, 3 bulan jadi 1 minggu, dengan demikian dua bulan bisa diselesaikan,” ujarnya lagi. (ea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: