Malinda Dee Ternyata Gelapkan Dana 123 Nasabah


Dari 123 nasabah – termasuk si empunya rekining gendut Polisi

Malinda Dee Ternyata Gelapkan Dana 123 Nasabah

inilah.com
Oleh: Akbar Junisa Surya
Ekonomi – Selasa, 7 Juni 2011 | 16:00 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Markas Besar Kepolisian mengungkapkan tersangka penggelapan dana nasabah Citibank Indonesia, Inong Malinda Dee diduga tidak hanya menggelapkan dana 3 nasabah saja, tetapi sebanyak 123 nasabah yang menjadi korban aksi mantan Relationship Manager Citibank Indonesia terebut.

“Dari seluruh nasabah yang dirugikan tersebut hanya 3 orang yang melaporkan kasus pembobolan dana tersebut ke Mabes Polri,” ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Mabes Polri, Brigjen (Pol) Arief Sulistyanto dalam seminar ‘Modus Kejahatan Perbankan dan Mitigasi Risikonya’ di Jakarta, Selasa (7/6).

Menurut Arief, hal ini terungkap ketika ketiga nasabah tersebut melaporkan penggelapan tersebut ke Mabes Polri. “Ini ketahuan dari tiga nasabah, lalu kami buka semua rekeningnya danada 123 nasabah lagi, adapun kasus pembobolan dana ini, terjadi sejak Juni 2009 hingga Desember 2010,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjutnya, Mabes Polri hanya menindaklanjuti kasus pembobolan dana nasabah pada tiga orang yang melapor. Ini disebabkan nasabah lainnya tidak melaporkan kasus yang mereka alami ke Polri. “Saat ini kerugian sementara dari pembobolan tiga nasabah tersebut sekitar Rp16 miliar,” ujarnya.

Menurut Arief, dalam proses pengejaran aset pada kasus ini, Mabes telah menyelamatkan Rp12 miliar atau sekitar 80% dari kerugian yang timbul. Penyelamatan aset tersebut dilakukan dengan menyita sejumlah harta benda yang dimiliki oleh Malinda.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Malinda telah membeli beberapa mobil mewah dan apartemen dengan uang yang diduga hasil kejahatan. Harta tersebut antara lain mobil Hummer, Ferrari scuderia 2010, Ferrari California dan Mercedes Benz seri E350. Selain itu Polri juga menyita sebuah apartemen yang juga masih berstatus sewa beli karena belum lunas.

Arief menambahkan Malinda memiliki beberapa Kartu Tanda Penduduk yang digunakan untuk membuat rekening pada beberapa bank. Rekening tersebut, lanjutnya digunakan untuk menampung sebagian dana yang dia gelapkan.

Selain itu, tuturnya, Andhika Gumilang, yang merupakan suami dari Malinda juga terlibat dalam kasus ini, karena rekening atas nama bersangkutan digunakan untuk menampung duit hasil penggelapan. “Oleh karena itu ada dua orang kami kenakan tindak pencucian uang,” ujarnya. [cms]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi disini atau akses mobile la

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: