Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi segera digarap


Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi segera digarap
Oleh Dewi Andriani

E-mail
Print
PDF

Published On: 31 July 2011
Buset pembangunannya lambat banget

Bisnis Indonesia 31 July 2011

JAKARTA: Proses pembangunan ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 16,91 km siap dilaksanakan setelah ditetapkan operator pemenang tender ulang.
Perusahaan yang memenangkan tender adalah kontraktor BUMN Hutama Karya yang bekerja sama dengan dua kontraktor China yakni CHEC dan CSEC. Adapun nilai investasinya US$152,22 juta yang berasal dari pinjaman China US$137 juta dan dana APBN US$15,22 juta

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto mengatakan dengan telah dirampungkannya tender ulang proyek tersebut maka proses pengerjaan konstruksinya dapat segera dilaksanakan selambat-lambatnya setelah Lebaran atau pada September.

“Ruas tol Medan-Kualanamu segera setelah administrasinya beres kita segera groundbreaking, kemungkinan setelah Lebaran [September],” tutur Djoko di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum, akhir pekan lalu.

Pelaksanaan konstruksi diperkirakan memakan waktu selama 24 bulan sehingga fisik ruas yang merupakan bagian dari tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi tersebut dapat rampung pertengahan 2014.

Menurutnya, saat ini pemerintah dan perusahaan yang memenangkan tender tersebut tengah mempersiapkan peninjauan jaminan dan proses kelengkapan administrasinya

Djoko menuturkan dalam sistem kerja sama pengerjaan proyek tersebut, kontraktor lokal mendapat porsi 20% sementara kontraktor China yang merupakan rekomendasi teknis dari China tersebut mendapat porsi 80%. (12/tw)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: