Pemerintah jajaki pasar ekspor ke Nigeria dan Ghana


Dari Kontanonline 30 September 2011
link : http://industri.kontan.co.id/v2/read/1317352642/78744/Pemerintah-jajaki-pasar-ekspor-ke-Nigeria-dan-Ghana
Jumat, 30 September 2011 | 10:17 oleh Dani Prasetya
DIVERSIFIKASI EKSPOR
Pemerintah jajaki pasar ekspor ke Nigeria dan Ghana

JAKARTA. Kementerian Perdagangan menjajaki pasar ekspor ke Nigeria dan Ghana. Kebijakan ini untuk mendiversifikasi pasar ekspor Indonesia sebagai antisipasi krisis ekonomi global.

Pada 25- 28 September lalu, Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar bersama sejumlah pelaku usaha telah berkunjung ke Nigeria dan Ghana. Salah satu alasan memilih Nigeria lantaran pemerintahan baru di sana berniat mentransformasikan kebijakan nasional untuk menekan ketergantungan aktivitas ekonomi terhadap minyak bumi dan gas.

“Untuk mencapai hal itu, Nigeria berniat mendorong kerjasama ekonomi dengan negara-negara berkembang lainnya,” ujar Mahendra dalam siaran persnya, Jumat (30/9).

Selain itu, Kementerian Perdagangan menilai, Nigeria merupakan negara berpenduduk terbesar di Afrika. Bahkan, Nigeria menjadi motor penggerak Economic Community of West African States (ECOWAS) yang terdiri dari 15 negara Afrika Barat termasuk Ghana yang menjadi motor ekonomi kedua terbesar di kawasan itu.

Nilai perdagangan Indonesia-Nigeria pada 2010 mencapai US$ 1,2 miliar atau meningkat 72,9% dibanding US$ 716,2 juta pada 2009. Sementara ekspor Indonesia ke Nigeria yang seluruhnya nonmigas, tercatat sebesar US$ 316,9 juta atau naik 52,8% dari 2009. Sayangnya porsi impor Indonesia masih jauh lebih besar mencapai US$ 921,6 juta yang hampir seluruhnya berupa impor minyak dan gas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: