PT Dirgantara Indonesia Pasok Sayap Pesawat Airbus


SENIN, 27 FEBRUARI 2012 | 13:23 WIB
PT Dirgantara Indonesia Pasok Sayap Pesawat Airbus
Besar Kecil Normal
TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, suku cadang untuk bagian sayap pesawat Airbus A-380 dipasok dari PT Dirgantara Indonesia (PT DI). “Sejak beberapa tahun lalu PT DI memang supply untuk Airbus,” katanya, Senin, 27 Februari 2012.

Garuda sendiri, kata Emir, belum memiliki rencana untuk menggandeng PT DI untuk memasok suku cadang pesawat Garuda. “Garuda belum ada rencana khusus itu,” ujarnya.

Dengan pembelian pesawat Airbus, Garuda bakal mendorong perusahaan Airbus untuk lebih banyak memesan suku cadang kepada PT DI. Airbus sendiri merupakan industri pesawat terbang yang berlokasi di Prancis, Eropa. “PT DI sekarang ini menjadi supplier Airbus untuk membuat bagian wing (sayap) dari A-380. Nah itu salah satu yang bisa kami kembangkan juga,” ucap Emir.

Sejauh ini, hubungan Garuda Indonesia dengan Airbus hanya sebatas pembelian pesawat. Dengan pembelian ini berarti secara tidak langsung mendorong pembelian bagian sayap pesawat oleh Airbus ke PT DI.

Kerja sama Garuda dengan pihak Eropa nantinya tidak sebatas jual-beli pesawat dengan Airbus. Pasalnya, Uni Eropa berencana meningkatkan volume perdagangan dan investasi ke depan dengan Indonesia.

Untuk itu, keduanya sedang melakukan sosialisasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi yang Komprehensif (CEPA). Setelah sosialisasi baru negosiasi akan dilakukan.

“Salah satu bentuk kerja samanya adalah melakukan pengalihan teknologi utama seperti produksi suku cadang sayap asal Indonesia untuk Airbus A-380 yang baru,” kata Emirsyah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: