Kasus PON Riau, KPK Periksa Politisi Golkar Setya Novanto


“Jagoan ” Golkar ini  sudah beberapa kali diperiksa dan lolos terus… ,
Jumat, 29/06/2012 10:12 WIB

Kasus PON Riau, KPK Periksa Politisi Golkar Setya Novanto

Fajar Pratama – detikNews

Jakarta Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa politisi Partai Golkar, Setya Novanto. Ketua Fraksi Partai Golkar ini dimintai keterangan sebagai saksi kasus dugaan suap PON Riau.

“Hari ini, KPK menjadwalkan pemanggilan kepada Setya Novanto, anggota DPR sebagai saksi dugaan tindak pidana korupsi pemberian hadiah terkait Perda di Provinsi Riau,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha, di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (29/6/2012).

Setya dijawalkan diperiksa pukul 09.30 WIB. Namun, ia rupanya telah datang sejak pukul 08.15 WIB dan ditemani seorang koleganya.

Korupsi PON Riau bermula dari penangkapan tujuh anggota DPRD Riau, dua pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Riau, dan empat pegawai swasta pada 3 April lalu.

Dari penangkapan tersebut, KPK berhasil menyita barang bukti sejumlah Rp 900 juta yang diduga sebagai uang suap tersebut.

Akhirnya pada perkembangannya, KPK menetapkan empat tersangka, yakni M Faisal Aswan selaku anggota DPRD dari Partai Golkar, Muhammad Dunir dari PKB, Eka Dharma Putra selaku Kepala Seksi Pengembangan Sarana Prasarana Dispora Riau, dan Rahmat Syahputra selaku karyawan PT Pembangunan Perumahan (PP) Persero. Belakangan Kadispora Lukman Abbas menyusul ditetapkan sebagai tersangka. Bersama Lukman, ada juga anggota DPRD Riau Taufan Andoso jadi tersangka.

Beredar kabar, pada suap terjadi di Riau, Gubernur Rusli Zainal dan Lukman tengah berada di Jakarta untuk bertemu dengan pejabat di pemerintah pusat. Ada dugaan uang sebesar Rp 900 juta tengah dibawa ke Jakarta pada saat itu.

Rusli sebelumnya membantah terlibat dalam kasus ini. Dia juga membantah mengetahui atau menyetujui gelontoran uang Rp 1,8 miliar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: