PRESIDEN YUDHOYONO: TVRI Tak Boleh Kalah Bersaing


 

gimana mau bersaing jika petingginya masih banyak yang korup.

 

Kamis, 30 Agustus 2012 | 23:37 WIB

Compact_tvrilogojadul

JAKARTA: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginginkan Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia mempertahankan posisinya sebagai lembaga penyiaran yang netral, dan  tidak terkait dengan tarik menarik berbagai kekuatan dan  kepentingan politik.

Kepala Negara meminta TVRI tetap dalam posisinya sebagai lembaga  penyiaran publik yang merupakan agen pembangunan dan  menjaga kesiembangan penyampaian informasi pada masyarakat

“Konsistensi TVRI  dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,  memungkinkan pemirsanya   memperoleh informasi yang netral,  dan tidak terkait dengan tarik menarik berbagai kekuatan  dari  kepentingan politik,” kata Presiden Yudhoyono saat menghadiri perayaan HUT ke-50 TVRI di Auditorium LPP TVRI, Kamis (30/8/2012).

SBY mengharapkan   TVRI yang mulai melakukan siaran sejak 24 Agusus 1962 dan menjadi stasiun TV pertama di Tanah Air itu, dalam menyampaikan informasinya agar memberi pencerahan bagi masyarakat.

Apalagi, ujarnya. pemerintah tidak  lagi melakukan sensor dan pembredelan sejalan adanya kebebasan pers dan kebebasan berekspresi.

“Pemerintah tidak lagi  melakukan sensor dan pemberedelan, hanya saja TVRI kiranya harus cukup arif untuk memposisikan diri sebagai pemelihara keseimbangan,” kata SBY.

Yudhoyono mengatakan TVRI tentu dapat memunculkan pikiran yang kritis, namun harus menyadari bahwa masyarakat memerlukan  cara penerimaan pesan yang tepat.

Bukan sebaliknya. Apalagi jika sampai menyuguhkan  tayangan yang tidak mendidik disertai bahasa yang kasar.

“Keliru saja pesan itu tersampaikan, maka bukan berita pencerahan yang diterima oleh rakyat, tetapi mungkin  justru berpotensi memprovokasi dan meracuni masyarakat kita,” kata SBY.

TVRI, ujarnya, diharapkan  memiliki peran penting dalam keseimbangan informasi.

Sementara dengan makin banyaknya stasiun televisi swasta yang tayang di dalam negeri, SBY mengharapkan TVRI mampu bersaing.

Namun, jelas SBY, agar TVRI dalam melakukan upayanya untuk mampu bersaing, jangan semata membuat program siaran berdasarkan tuntutan liberalisasi dan selera pasar.

“TVRI tak boleh kalah bersaing,” kata SBY. (bas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: