Bos Mitra AdiPerkasa : VP Sharma


PROFIL CEO PT MITRA ADIPERKASA TBK

Produk di Sini Lebih Bagus

 

 

Produk di Sini Lebih Bagus

Oleh M Clara Wresti

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup bagus saat ini ditopang oleh sektor belanja barang kebutuhan yang meningkat. Hal ini sangat nyata terlihat pada pendapatan yang dicatat PT Mitra Adiperkasa Tbk. 

Perusahaan ritel barang-barang fashion ini mencatat kenaikan 30 persen untuk pendapatan bersih perusahaan dan laba usaha mereka pada semester pertama 2012.

Ekspansi pun terus dilakukan. Tahun ini telah didirikan 200 toko baru dari 300 toko yang direncanakan akan didirikan sampai akhir tahun 2012. Tahun depan, akan ada 300 toko baru lagi yang akan didirikan. Semua toko itu tersebar di 42 kota besar di seluruh Indonesia dan dimotori oleh hampir 15.000 tenaga kerja.

Pertumbuhan ekonomi yang bagus tentu berdampak pada perusahaan. Namun untuk bisa meraih kinerja yang terbaik, faktor pemimpin dan kerja sama tim jauh lebih penting.

VP Sharma (54), Chief Executive Officer PT Mitra Adiperkasa (MAP) menjadi motor penggerak utama dalam semua pencapaian MAP sejak berdiri tahun 1995. Dengan pendekatan yang dilakukannya, karyawan betah bekerja dan berprestasi. Nyaris tidak ada karyawan yang keluar dari perusahaan karena alasan situasi bekerja di kantor. Sebagai perusahaan ritel, sumber daya manusia memang memegang peranan yang sangat penting. Berikut petikan wawancara dengan VP Sharma.

Sebagai peritel, sejauh mana arti sumber daya manusia bagi MAP?

Di bisnis kami, yang sangat penting adalah sumber daya manusia. Tidak ada mesin dan teknologi yang besar. Jadi kesuksesan bisnis kami tergantung dalam kerja sama tim. Bagi ritel, pelayanan yang utama. Kami membangun suasana kerja yang terbuka dan transparan. Berupaya menumbuhkan entrepreneurship kepada mereka agar mereka merasa memiliki perusahaan ini. Ini toko kami, target kami. Jadi seorang manajer toko akan merasa ini adalah tokonya. Inilah merek saya. Dengan cara ini, mereka sangat total untuk meningkatkan pendapatan toko.

Kami tidak menanyakan jam berapa kamu datang, mengapa melakukan ini, mau mengapain. Kami lebih memilih untuk percaya kepada pegawai. Memberikan kebebasan dan otonomi.

Tentu saja kami mengevaluasi apa yang mereka lakukan setiap bulan dan tiap empat bulan sekali. Jika mereka berjalan keluar dari yang digariskan, kami akan memperbaikinya dengan memberikan masukan-masukan yang membangun. Semua bantuan dan fasilitas akan diberikan. Jika mereka meminta bantuan, maka kami akan segera membantu.

Hasilnya, sejak menjalankan perusahaan ini, tidak banyak orang yang keluar dari perusahaan ini. Suasana kerja menjadi nyaman, saling hormat, dan pertumbuhan perusahaan juga baik. Revenue kami lebih dari Rp 9 triliun pada tahun ini. Dibandingkan tahun lalu, kami meningkat 30 persen. Kami bangun 200 toko baru selama tahun 2012. Rencananya kami akan membangun 300 toko sampai akhir tahun ini.

Tidak pernah menemukan kesulitan dengan metode ini?

Tidak pernah. Saya tidak pernah menjalankan punishment (hukuman), karena memang saya tidak percaya pada punishment. Jika saya menghukum karyawan saya, berarti saya menghukum toko itu. Ini tentu saja tidak sehat. Saya lebih percaya pada reward (Penghargaan).

Lalu bagaimana jika ada karyawan yang melenceng?

Kami memberikan otonomi penuh pada mereka, namun kami terus memonitor. Jika ada yang melenceng, dia akan dipanggil. Saya ajak dia makan siang bareng atau sekadar minum kopi. Lalu saya ajak dia untuk berdiskusi. Saya akan beritahu, kamu sudah melakukan ini itu tetapi hasilnya masih belum baik. Bagaimana kalau kamu mengubah cara kamu. Caranya, bukan saya yang menentukan, tetapi harus bersama dia. Saya lebih menghargai orang tidak mengiyakan apa yang saya katakan. Dia harus bisa menantang saya. Dari situ lalu kita putuskan bersama apa yang harus dilakukan.

Pernah nonton program Undercover Boss di Channel BBC Knowledge? (Program di mana seorang bos perusahaan menyamar dan bekerja bareng anak buahnya. Bos itu ingin tahu bagaimana perusahaan berjalan di lini paling bawah).

Tidak pernah, karena dengan mudah karyawan akan mengenali wajah saya yang keturunan India ini…ha-haha… Tetapi saya punya pelanggan misterius. Saya punya beberapa teman yang bisa membantu. Saya minta mereka untuk berbelanja di toko-toko kami, dan memberikan penilaian mereka terhadap toko dan pelayanan toko. Apakah tokonya bersih, pelayanannya cepat dan sesuai dengan yang diharapkan.

Tetapi kadang-kadang saya juga pergi ke toko Planet Sport. Saya pilih sebuah sepatu dengan ukuran 10,5. Saya akan hitung berapa lama petugas itu mencarikan sepatu yang saya inginkan. Seharusnya dalam mencarikan sepatu sesuai ukuran, tidak memakan waktu yang lama. Soalnya, sepatu-sepatu itu sudah ditata berdasarkan merek, model, dan nomor sehingga dengan mudah bisa segera ditemukan. Jika mereka mengambil sepatu itu lebih dari satu menit, berarti ruang penyimpanan stok tidak ditata dengan baik.

Menurut peraturan di toko, petugas itu harus membawakan tiga model yang lain dengan nomor yang sama apabila model yang diinginkan tidak ada. Jangan pernah bilang tidak ada.

Tantangan apa yang terbesar yang bakal dihadapi di tahun depan?

Kamu tahu, saya datang dari India, negara yang penuh tantangan. Jadi buat saya, tidak ada tantangan yang lebih berat lagi di Indonesia. Tetapi yang paling dirasakan adalah kami tidak banyak punya turis datang untuk berbelanja di Indonesia. Yang kedua, banyak orang Indonesia yang memilih berbelanja di luar negeri.

Padahal sebenarnya harga di Indonesia itu sangat kompetitif. Sewa bangunan dan upah pegawai di Indonesia tidaklah setinggi di Singapura.

Kedua hal ini memegang porsi yang sangat besar untuk modal usaha. Kami melihat banyak orang Indonesia berbelanja di Singapura, tetapi kami tidak melihat orang Singapura berbelanja di Indonesia.

Kami sudah berusaha untuk menarik orang Singapura datang ke Indonesia. Misalnya dengan meluncurkan produk-produk baru di Indonesia, bukan di Singapura. Atau paling tidak meluncurkan di Indonesia dulu baru di Singapura. Semua toko kami, Debenham hingga Starbuck, di sini lebih bagus dibandingkan Singapura.

Kami ingin orang Malaysia, Singapura, dan Hongkong datang ke Indonesia untuk berbelanja di sini. Hotel dan golf serta budaya Indonesia juga sangat bagus.

Bagaimana dengan program Jakarta Great Sale?

Jika mau jujur, Jakarta Great Sale tidak ada dampaknya bagi kami. Seharusnya pemerintah melakukan banyak promosi di luar negeri. Digarap bareng dengan paket-paket wisata, hotel, dan penerbangan.

Jadi sekalian belanja, bisa main golf, atau berlibur ke pusat-pusat wisata. Promosinya harus kuat dengan mendorong diskon yang besar. Itu akan lebih menarik para wisatawan asing datang. Koordinasi dengan ritel dan brand.

Walaupun kami menjual banyak merek luar negeri, banyak produk yang kami jual tersebut dibuat di Indonesia oleh tenaga kerja Indonesia. Selain itu, kami juga membuka Alun-alun Indonesia yang menjual produk asli Indonesia. Produk terbaik yang bisa dibeli oleh wisatawan asing yang datang ke Indonesia

13 Comments to “Bos Mitra AdiPerkasa : VP Sharma”

  1. saya kerja di mitra adi perkasa baru 7 bulan saja tapi saya sudah mematuhi aturan yang di terapkan di MAP.
    Selalu GILA dalam mengejar TARGET penjualan, sehingga para staffnya merasa ditekan dalam hal tersebut.
    ini saya jabarkan agar kalian semua tau….

    – Tidak ada TOLERANSI antara waktunya berkerja & waktunya pulang.

    – Bila saya tidak mencapai target harian, maka hari itu dia tidak boleh pulang, sampai saya mencapai target pada hari itu.

    – Pihak atasanpun tidak mau tau, pokoknya staffnya harus mencapai target, padahal tugas staffnya bukan hanya jualan saja, tetapi BANYAK, namun pihak atasan tidak ada toleransinya.

    – Bila salah satu seorang staff hari itu ada yang tidak masuk kerja, maka target salesnya akan dibebankan kepada para staff yang masuk pada hari itu.

    – Bila barang-barang penjualan ada yang hilang, maka seorang staff WAJIB membayarnya ( Missing Item ) meskipun nilai nominalnya sampai berjuta-juta, padahal perusahaan sudah ada asuransinya.

    – Bila seorang staff ingin mengajukan RESIGN, maka ia harus melunasi barang-barang yang hilang ( Missing Item ), dan itupun baru diperbolehkan kalau sebulan sebelumnya ia mengajukan RESIGN nya, dan gajipun serta Faklaring akan ditahan ( DI HOLD ) beberapa bulan kemudian baru bisa cair.

    Ini Baru Hanya Sekelumit saja Cara Kerja Yang Di Tekankan Kepada saya di area Jatim Kediri.

    saya resign januari tgl 3. sampai sekarang gaji saya belum keluar….
    saya tanya atasan toko saya atau PIC saya dia hanya bilang yang gaji bukan saya, saya g tau?!
    dengan mudah blg begitu…..
    SURAM……………………………
    Tolong Mr Sharma Evaluasi cara kerja area jatim khususnya Kediri….

  2. man juliana.
    saya pernah kerja di PT MAP di era th 1999 s/d oktober 2002. selain sy sendiri istri sy juga mantan kariawan disono ( nautica dan kidz station, dan nine west). di era th 1999 saya pernah di tempatkan segabai coustemer servis di royal sportyng house dan sport station kris galeri nusa dua bali saat itu. th 2000 perusaan PT map Saat itu membuka shop baru bernama ath leisure. baru buka kurang lebih hampir 2 bulan perkembangan toko tidak terlalu bagus. namun setelah ada penataan displey, dan new produc yang di jual selalu ada akhirnya perkembangan toko tersebut sangat bagus. pada bulan ke tiga dengan berbekal keahlian berbahasa asing yang pas – pasan dan semangat yang tinggi saya bersama teman – teman ber 4 saat itu mampu melampaui target 100 % menjadi 167 %. melihat pernyataan itu menejemen tidak tinggal diam ternyata target yang dibebankan saat itu juga ditingkatkan dari 13 jt menjadi 65 juta / bulan. sy dan teman – teman tidak patah semangat akhirnya 3 kali berturut dalam kurun 3 bulan toko mampu mencapai target 100 % bahkan lebih, dan staff pun mendapatkan insentif yang nilainya cukup pada saat itu. namun apa yang dikatakan saudara ibnu yakni mengenai kehilangan barang tetap kita yang norok padahal disatu sisi toko tidak dilengkapi dengan fasilitas keamanan seperti scurity dan cctv. saat itu saya menilai kurang tepat apa yang di terapkan oleh pt map. disatu sisi sy dapat insentif dan disatu sisi harus norok juga atas kehilangan barang – barang di outlet. saya harapkan, manajemen PT mitra adi perkasa mampu menjalankan menejemen yang profesional, transparan, dan manusiawi. karena segala kekayaan yang di dimilki merupakan anugrah dari tuhan untuk itu embanlah kepercayaan dengan sebaik – baiknya semasih tuhan memberikan kesempatan. sy berhenti disana karena tidak senang dengan sistem kontrak setiap 3 tahun, maka sebelum usia sy bekerja disana belum berumur 3 tahun saya risign lalu melamar pekerjaan keperusaan yang lain. sy ambil hikmah itu sebagai pengalaman, karena menurut saya segala sesuatu pasti ada pisitif dan negatifnya. saya ucapkan banyak “terima kasih kepada pt mitra adi perkasa”, karena telah banyak memberikan saya ilmu dan didikan selama saya bekerja. singkat cerita selama saya risign disana sy dan istri yang kebetulan alumni PT MITRA ADI PERKASA menjalankan bisnis kecil – kecilan di pasar. dan sy sendiri sebagai wartawan tetap di sebuah media televisi swasta. sy tetap bersyukur dan mengucapkan selamat kepada PT MAP semoga jaya selalu, dan sy harapkan pt map selalu ingat kepada karyawan ataupun mantan karyawan karena semua itu pasti ada manfaatnya. “thanks”

  3. Saya kerja di map baru 7 bulan saya mengajukan resign 1 bulan sebelum saya resign sekitar bulan oktober tgl 10 tetapi gaji saya sampe sekarang dari tgl 1septrmber-10 oktober belom juga turun ? Padahal no missing item dan sudah mengisi ccl .

  4. Mr.Varma tolong tindak lanjuti OM Dan SM fashion one yang memecat orang secara sepihak dan menyuruh orang resign kerja ketika mereka benar-benar niat bekerja dan jujur dalam bekerja,untuk wilayah jakarta sekitarnya dan masih banyak korban disini yang tidak bisa mengadu akan penderitaan mereka di store selama ini. Kalau masih ada OM Dan SM tersebut masih bekerja di MAP maka saya yakin perusahaan MAP pasti akan selalu mencari karyawan baru terus menerus setiap hari karna ulah mereka yang semena-mena terhadap bawahan

  5. HAHAAHAHAH…. PERUSAHAAN TOLOL KAYAK GINI MENDING HANCUR AJA. GW SETUJU, COZ GW DAH NGERASAIN.. BARU BERAPA BULAN AJA UDAH MUAK. HATI2 DEH..GAJI GA SEBARAPA KERJAAN OVERLOAD. MATI PELAN2 IYEE.

    • Saya baru Resign dari MAP sebagai Cashier tgl 31 mei 2015 dikarenakan saya abis kontrak selama 4,5 tahun,,,sebelum nya saya di tempat Kan di Marks & Spencer Plaza indonesia dan pada tanggal 13 april 2015 saya di move ke M&S kelapa gading,,saya gk tau dengan alasan saya di move ke sana,,,dan saya ingin mengetahui kenapa saya di move dan Manager saya di Plaza indonesia bertanya kepada AOM knp. Saya di move dgn alasan saya udh lama berada di toko itu, ,,dan harus di refres,,dan saya gk pcya dengan kata2 AOM saya,,,,ya saya terima Perolinngan Cashier ini, ,dan pada saat itu saya merasa. Lega dan nyaman sekali di toko baru ku ini,,dan nggk lama kemudian PIC aku waktu di PI pun ikut di.move ke kelapa gading,,,saya memang musuh berat dngan nya,,,aku benci dengan tingkah laku dia yg sok suci,,ya bisa di bilang ” Gila Peraturan” dia yang membuat peraturan toh dia juga yang melanggar,,dam stelah beberapa hari kawan ku bertanya kepada saya,,,,Bi knp lo sama sandi trus saya berkata Knp dah Wi teman saya,,,katanya sandi ELO itu susah di atur ya di sana.,,sentak aku kaget trus aku berkata Gw mah ngebangkang ada alasan nya,,,gw gk suka aj sama dia tuh kelakuan nya,,,klau memang dia gk suka sama gw toh bilang aj ke gua nya gk usah bilang sana sini ke orang2,,,dia kan atasan,,,,atasan mau nya dihormatin tapi Gk mau hormatin bawahan nya,,nah cerita punya cerita saya ini Di rolling dikarenakan saya susah di atur ujar kata sandi, ,,,,gw sih gk apa2 gk di karyawan tetap in,,tapi rezeky gw insya allah lebih dari Itu x mudah2 gw bisa berkembang di tmpat yang baru, ,,thanks for u

  6. WOI YANG BERKATA TENTANG MAP HANCUR ATAU SEGALA MACEM TUH ELO YANG TOLOL. SEBENERNYA KERJA DIMANA AJA SAMA AJA TERGANTUNG DARI ELO NYA DONGO. KALO GAK BISA KERJA JANGAN KERJA. KERJA ENJOYIN AJA. JANGAN MODAL TEMPE LO PAKE. BANYAK TANYA SAMA SENIOR. JANGAN DI PUAH DIKIT LANGSUNG RESIGN. YAH ELAH. MENDING JUALAN KUE CUBIT AJA LO SONOH.

  7. Banyak pengalaman asem manis pahit seru di MAP, sudah 3 tahun saya bekerja di MAP, Banyak sekali pengalaman, ilmu2 baru di sana, teman2 baru apalagi. Level saya sekarang sudah sr. staff yg sebelumnya cashier. Walau banyak suka duka ( OM terutama ) cuma dibawa enjoy aja, di tiap pekerjaan pasti ada orang yg gak suka sama kita, tapi dijalanin aja deh selagi kita bekerja sesuai jobdesk kita, dah bekerja tanpa harus dilihat orang, bekerja sesuai apa yg harus dikerjakan, hasilnya pasti akan bagus. tidak perlu takut akan atasan atau target yg bikin gak bisa tidur ,Tuhan pasti selalu memberikan jalanNYA.

  8. kerja sama org india…brarti kerja kaya orang GILA….sotoy

  9. freak lo semua wawasan sempit

Leave a Reply

