Sanksi Terberat Hanya Dihapus dari Daftar Ormas


Pantes perusakan rumah ibadat di negeri ini, belum pernah selesau
Perusakan Masjid
Penulis : Didit Putra Erlangga Rahardjo | Minggu, 28 Oktober 2012 | 20:50 WIB
Dibaca:
|
Share:
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOGubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

BANDUNG, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengungkapkan bahwa sanksi paling berat kepada organisasi masyarakat (ormas) yang menyalahi ketentuan adalah penghapusan nama mereka dari daftar ormas di Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat. Tidak ada wewenang bagi Pemerintah Provinsi untuk membekukan sebuah ormas.

“Pembekuan atau penghapusan ormas, merupakan kewenangan pemerintah pusat,” kata Heryawan yang ditemui Minggu (28/10/2012) ini.

Pernyataaan itu dikeluarkan untuk mengomentari perusakan masjid An Nasir di Kelurahan Cibadak, Kota Bandung, oleh anggota salah satu ormas Islam pada malam takbiran Idul Adha, Kamis (25/10). Akibat penyerbuan itu, beberapa kaca masjid pecah dan pintu gerbang jebol.

Menurut Heryawan, penghapusan nama ormas dilakukan bila yang bersangkutan tidak mengindahkan surat teguran yang dikirim sampai tiga kali. Dengan demikian, hanya sampai itu saja sanksi yang terberat yang bisa dijatuhkan pemerintah provinsi.

Disinggung apakah dia bakal mengirimkan surat teguran kepada ormas itu terkait insiden di Masjid An Nasir, Heryawan tidak memberi jawaban pasti. “Kita lihat saja nanti,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Heryawan meminta semua pihak untuk menaati hukum yang berlaku. Ia menyatakan, ormas tidak boleh melanggar hukum dalam menyalurkan aspirasi mereka, begitu pula dengan jamaah Ahmadiyah harus menghormati Peraturan Gubernur Nomor 12/2011 tentang Pelarangan Aktivitas Ahmadiyah.”

Editor :
Agus Mulyadi

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: