Pertumbuhan Sektor Manufaktur Membaik


Jumat,
30 November 2012
 

INDUSTRI

 

 

Yogyakarta, Kompas – Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 diperkirakan masih akan cukup kuat, yakni tetap di atas 6 persen. Pertumbuhan ekonomi ini dicapai dengan semakin membaiknya sektor manufaktur.

”Dulu—katakan lima tahun lalu—pertumbuhan sektor manufaktur hanya 4-5 persen. Belakangan sudah mulai naik ke arah 6 persen bahkan lebih,” kata Chief Economist Danamon Anton Gunawan pada acara Media Workshop di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Kamis (29/11).

Anton mengatakan, bertambahnya kelas menengah di Indonesia menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan konsumsi. Inflasi pada 2013 diperkirakan lebih tinggi.

”Tahun ini mungkin bisa di bawah 5 persen. Namun, inflasi pada 2013, forecast (perkiraan) kami ada di angka 6,2 persen,” kata Anton.

Faktor yang diperkirakan menyebabkan inflasi pada 2013 lebih tinggi daripada tahun 2012, antara lain kecenderungan kenaikan harga pangan, termasuk akibat cuaca dan kenaikan tarif listrik. ”Listrik ini menurut perhitungan kami menyumbang inflasi 0,3-0,5 persen,” ujarnya.

Investasi langsung

Sementara itu, ekonom Danamon, Dian Ayu Yustina, mengatakan, membaiknya pertumbuhan sektor manufaktur antara lain karena banyaknya investasi langsung asing (foreign direct investment/FDI).

”Selain itu, juga adanya kebijakan pemerintah yang mendukung bertumbuhnya industri manufaktur,” kata Dian.

Penuturan Dian, kebijakan larangan ekspor bahan mentah mineral pada 2014—yang diawali dengan pengenaan pajak ekspor bagi bahan mentah mineral—mendorong investor membangun pabrik pengolahan untuk meningkatkan nilai tambah.

”Dengan kebijakan seperti ini, investor melihat, meski ekspor bahan mentah dibatasi, ada prospek di bidang manufaktur yang bisa digarap di Indonesia,” ujar Dian. Apalagi, Indonesia memiliki potensisumber daya alam yang melimpah, selain besarnya pasar domestik yang juga berpeluang untuk digarap.

(CAS)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: