Subsidi BBM Habiskan Rp 300 Triliun, Hatta Curhat Sulit Bangun Infrastruktur


 

Mister Uban kok jadi mencontoh besannya, yang hanya bisa curhat dan tidak bisa bertindak tegas. Pak, turunkan saja subsidi + naikan harga BBM. 

 

Luhur Hertanto – detikfinance
Rabu, 27/02/2013 11:51 WIB
 
 

 
 
 

Balikpapan – Pembangunan infrastruktur yang lambat menjadi penyakit lama di Indonesia, karena itu pertumbuhan ekonomi terhambat. Pemerintah mengaku tidak punya dana cukup untuk infrastruktur, kerena sudah tersedot banyak untuk subsidi BBM.

Hal ini disampaikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa saat membuka Rakernas Bappeda se-Indonesia di Balikpapan, Rabu (27/2/2013).

“Mari fokus ke infrastruktur. Kalau infrastruktur tidak cepat dibangun, maka itu akan rem minat investor. APBD yang masih besar alokasinya buat belanja pegawai dan barang, agar diarahkan kepada pelayanan publik. Sebab itu akan ujungnya ke investasi. Investasi menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru,” tutur Hatta.

“Tetapi ruang anggaran di APBN sudah sangat terbatas. Tahun ini dan 2014 sudah habis. Subsidi BBM kemungkinan tembus Rp 300 triliun dan mendekati 50 juta kiloliter,” imbuh Hatta.

Karena itu untuk membangun sarana infrastruktur baru, Hatta mengatakan pemerintah memang mencari sumber-sumber pembiayaan baru termasuk dengan melibatkan BUMN.

“Daerah melaporkan APBD jelas nggak cukup, namun juga swasta kurang berminat sebab proyeknya belum menunjukkan feasibilitas komersialnya. Maka kita tugaskan BUMN buat turun tangan. Ini juga merupakan stimulus buat BUMD dan sektor swasta,” jelas Hatta.

Ke depan, Hatta meminta semua proyek-proyek infrastruktur komersial sepenuhnya bisa dibiayai oleh perusahaan swasta nasional dan BUMD, sehingga tidak perlu lagi menggunakan APBN.

“Kita siapkan insentif bagi investor dan swasta yang membangun infrastruktur. Infrastruktur dasar itu diharapkan menarik investor untuk mengembangkan daerah,” tegas Hatta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: