[Penting !]5 Alasan Mahfud soal kasus hukum Anas Urbaningrum


Hehe, akhirnya si Mahfud agak mudheng juga urusan Anas Urbaningrum. Sebelumnya Ketua MK ini berkunjung ke rumah Anas U, setelah pengumuman ketua Partai PD sebagai tersangka kasus Hambalang.  Yang paling konyol untuk seorang hakim MK, adalah dia menerima posisi sebagai ketua KAHMI..

 

KAMIS, 28 FEBRUARI 2013 | 09:02 WIB

5 Alasan Mahfud Soal Kasus Hukum Anas Urbaningrum

TEMPO.COJakarta – Tanpa kisruh bocornya surat perintah penyidikan ataupun peristiwa politik dalam Partai Demokrat, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. menyatakan mampu melihat dengan jelas bahwa kasus Anas adalah kasus hukum. Dia sependapat bahwa koleganya di Himpunan Mahasiswa Islam itu harus menjadi tersangka. Berikut ini lima catatan yang diberikannya.

1. Sebanyak empat orang (Mindo Rosalina, Wafid Muharram, Muhammad Nazarudin, El Idris) sudah dihukum dalam kasus yang sama, yaitu suap dan korupsi dalam proyek Hambalang.

2. Kasus ini juga menjerat tersangka “kelas kakap”, yakni bekas Sekretaris Jenderal Partai Demokrat sekaligus Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng.

3. BPK menemukan negara merugi lebih dari Rp 240 miliar dalam kasus ini. “Itu sudah korupsi yang tak bisa dibantah.”

4. BPK menemukan penetapan anggaran proyek ini juga melanggar prosedur. “Pelanggaran hukum sudah ada.”

5. Tanah di Hambalang dibebaskan melawan hukum karena melibatkan partai politik. “Itu proyek negara, tapi yang mengurus partai.”

NUR ALFIYAH

 

+++++++++

KAMIS, 28 FEBRUARI 2013 | 15:27 WIB

Anas Diminta Tak Libatkan HMI

 

TEMPO.COJakarta – Alumni Himpunan Mahasiswa Islam yang juga Sekretaris Kabinet Dipo Alam meminta mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, tak melibatkan HMI dalam persoalan hukum yang dihadapinya.

“HMI adalah lembaga independen,” kata Dipo, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 28 Februari 2013.

Dipo mencontohkan kejadian yang pernah dialaminya. Ia menceritakan kisahnya masuk penjara Guntur lantaran melawan Soeharto. “Ya sudah, itu konsekuensi saya sendiri. Enggak ada saya melibat-libatkan anggota HMI,” ujar Dipo. “Tidak ada saya komplain ke siapa-siapa.”

Meski ditahan selama 6-7 bulan di penjara, Dipo mengaku menerima risiko itu seorang diri. “Nah, ini kan masalahnya juga gitu. Kalau masalah hukum kayak gini, ya, lakukan aja (sendiri),”

Mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia ini pun meminta Anas bersabar menunggu proses hukum selanjutnya seusai ditetapkan sebagai tersangka. “Itu juga yang memang melelahkan. Saya mengerti Bung Anas seperti itu.”

Dipo justru mengajak Anas bertemu SBY untuk membicarakan semua yang terjadi, terutama hubungan Anas dengan SBY. “Saya kenal Pak SBY, Bung Anas juga kenal Pak SBY. Tidak mungkin dia dianggap sebagai abandon childatau unwanted child,” ucapnya.

PRIHANDOKO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: