Riset BNN dan UI: 2,2 Persen Penduduk Indonesia Penyalahguna Narkoba


Selasa, 07/05/2013 12:09 WIB

 

 

Andri Haryanto – detikNews

 
 
 

Jakarta – Indonesia bukan lagi tempat transit penyelundupan narkotika, namun sudah menjadi pasar bagi para bandar besar internasional. Berdasarkan riset Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Universitas Indonesia (UI) tahun 2010, diperkirakan 2,2 persen atau 4 juta dari penduduk Indonesia menjadi penyalahguna narkoba.

Maka saat ini Indonesia berada dalam kondisi genting narkoba.

“Pada 2010 kerugian ekonomi yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba sekitar Rp 41 triliun yang terdiri dari biaya private dan sosial, Indonesia saat ini tengah genting,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Anang Iskandar.

Pernyataan tersebut di sela Rapat Koordinasi Implementasi Kebijakan dan Strategi Nasional Pencegahan dan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), di Hotel Bidakara, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2013). Selain itu, ancaman narkotika juga terlihat dari ditemukannya 14 zat-zat baru narkotika. 

“Perkembangan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Indonesia sudah memasuki lampu kuning,” ujar Anang.

Anang menambahkan, dari 4 juta orang yang masuk kategori penyalahgunaan narkotika, tercatat baru 18 ribu orang setiap tahunnya yang mampu direhabilitasi pemerintah dan swasta. Sebab tempat rehabilitasi masih sangat terbatas. Anang.

Di masa mendatang diharapkan setiap pemerintah kota dan kabupaten memiliki satu panti rehabilitasi. “Sehingga dengan menurunnya jumlah pengguna maka peredaran di pasar gelap dapat ditekan,” terangnya.

(ahy/lh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: