Dahlan Pecat Bos Merpati Rudy Setyopurnomo dan Jajarannya


 

Feby Dwi Sutianto – detikfinance
Rabu, 31/07/2013 11:47 WIB
 
 
 
 

https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2013/07/31/1036/114520_merpatidetik.jpeg
Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memberhetikan semua Direksi maskapai PT Merpati Nusantara Airlines (Persero). Dalam surat bernomor SK-317/MBU/2013, Dahlan mencopot Direktur Utama Merpati Rudy Setyopurnomo dan 4 direksi Merpati lainnya. 

Plh Deputi Bidang Infrastruktur dan Logistik Imam A. Putro menjelaskan pergantian semua jajaran direksi Merpati karena pihak di Kementerian BUMN menilai kinerja maskapai pelat merat itu tidak kunjung membaik sejak penunjukan Rudy menjadi Dirut.

“Sudah 1 tahun nggak ada perubahan,” ucap Imam saat ditemui di Kementerian BUMN Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Imam menjelaskan pergantian dan pemberhentian ini murni atas rekomendasi Dahlan. “Ini saran dari pak Dahlan,” terang Imam.

Pergantian sendiri berlangsung hari ini bertempat di lantai 12 Kementerian BUMN. Rudy yang menjabat sebagai Dirut sejak 11 Mei 2012 digantikan oleh mantan Direktur Operasi Merpati Capt Asep Ekanugraha. Imam menjelaskan direksi baru Merpati hari ini langsung mulai bekerja.

Berikut ini jajaran direksi baru Merpati:

  1. Capt Asep Ekanugraha sebagai Direktur Utama
  2. Daulat Musa sebagai Direktur
  3. Haryo P. Soerjokoesomo sebagai Direktur

Jajaran direksi lama Merpati:

  1. Rudy Setyopurnomo sebagai Direktur Utama
  2. Sutan Banuara sebagai Direktur Niaga
  3. Doni Suherman sebagai Direktur Keuangan dan Administrasi
  4. Denny Satrio Trihandoko sebagai Direktur Operasi
  5. Priharyono sebagai Direktur Teknik

RABU, 31 JULI 2013 | 13:05 WIB

Tak Hanya Dirut, Semua Direksi Merpati Dipecat

Tak Hanya Dirut, Semua Direksi Merpati Dipecat

Pesawat MA-60 Merpati Nusantara Airlines. TEMPO/Ika Ningtyas

 

TEMPO.COJakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan merombak susunan direksi PT Merpati Nusantara Airlines.Dahlan tak hanya memberhentikan Rudy Setyopurnomo sebagai direktur utama, namun juga direktur lainnya. 

Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara Imam A. Putro mengatakan semua direktur diberhentikan. “Pemegang saham memberikan apresiasi kepada Merpati karena sampai detik ini masih beroperasi,” katanya melalui BlackBerry Messenger kepadaTempo, 31 Juli 2013. 

Dahlan memangkas jumlah direksi, dari lima menjadi tiga orang. Sebagai direktur utama yang baru, Dahlan menunjuk Kapten Asep Ekanugraha. Adapun dua direksi lainnya adalah Daulat Musa dan Haryo P. Soerjokoesumo. 

Menurut Imam, Daulat Musa adalah utusan dari PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA). “PT PPA perlu untuk menunjuk orangnya mengatur cash flow Merpati. Di samping itu, Merpati memang punya utang ke PPA,” katanya. 

Pagi tadi, Dahlan mencopot Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines Rudy Setyopurnomo. Rudy menyatakan sudah menerima pemberitahuan mengenai rencana pergantian tersebut pada Senin awal pekan ini. Meski demikian, Rudy tidak merasa kaget dengan pencopotannya dari kursi direktur utama. 

Dalam sepekan terakhir, Dahlan sudah mencopot dua direktur utama BUMN. Selain Rudy, Dahlan juga memberhentikan I Ketut Mardjana, Direktur Utama PT Pos Indonesia, secara tiba-tiba.

 

++++++++++++++

 

Dari 31 Pesawat, Hanya 15 Armada Merpati yang Bisa Terbang

Wiji Nurhayat – detikfinance
Rabu, 31/07/2013 19:53 WIB
 
 
 

https://i1.wp.com/images.detik.com/content/2013/07/31/4/195947_merpati3201.jpg
Jakarta – PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) hanya mengoperasikan 50% armada pesawatnya. Selebihnya pesawat masih dalam perbaikan alias masuk bengkel.

“Sekarang yang beroperasi hanya 15 armada. Sebelumnya memang tetap 15 pesawat namun komposisinya sempat berkurang saat MA 60 mengalami kecelakaan di Kupang sehingga berkurang 1. Namun 1 jet yang dulu sedang diperbaiki sekarang sudah selesai. 15 semua beroperasi. Total pesawat ada 31, ada 15 beroperasi yang lain di perbaikan perawatan,” jelas Sekretaris Perusahaan PT MNA Herry Saptanto saat berdiskusi dengan media di Hotel Grand Sahid Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Herry belum bisa memberikan informasi adanya rencana tambahan pesawat di Merpati. Rencana Merpati mendatangkan pesawat baru selalu gagal dari tahun ke tahun. “Armada belum berhasil menambah. Kita sudah merencanakan tetapi belum berhasil,” imbuhnya.

Sementara itu untuk rencana kerja direksi yang baru, Herry menuturkan tidak perubahan dari direksi yang lama. Rencana kerja sesuai dengan RKAP tahun 2013.

“Direksi yang baru melanjutkan bisnis sebelumnya. Sesuai RKAP 2013 yang sudah disahkan pemegang saham dan menjadi acuan kerja direksi baru,” kata Herry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: