Kurangi Impor Dengan Bangun Kilang, Bukan Beralih Ke Nabati!


  Yang mau bangun kilang hanya wacana saja.. sudah tunggu 5 tahun ..masih belum ada titik terang.

Halangan dari  Mafia Impor BBM terlampau kuat. Jika Pertamina berhasil mengoperasikan kilang minyak lagi, maka si Mafia Impor (mr Moh Riza) bakal kehilangan penghasilan.

 

 

Monday, September 30, 2013       13:35 WIB

Kilang minyak (tender-indonesia.com)

Ipotnews – Untuk mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM) pemerintah lebih tepat membangun kilang, dengan memberikan insentif bagi investor yang tertarik berinvestasi di Indonesia. Bukan dengan mengalihkan ke bahan bakar nabati (BBN).

Direktur Eksekutif Reforminer Institute, Priagung Rakhmanto, mengatakan saat ini banyak negara yang berlomba-lomba memberikan insentif bagi investor yang tertarik membangun kilang, karena dengan kilang negara tersebut bisa mengolah minyak mentah sendiri.

“Kalau negara lain berlomba-lomba memberikan insentif kilang, tapi Indonesia tidak, padahal kilang lebih menjanjikan,” ujar Priagung di Jakarta, Senin (30/9).

Pemerintah disarankan untuk berkaca pada pemerintah China dan India, yang sangat menyadari ada peningkatkan konsumsi BBM. Tanpa berpikir panjang kedua negara tersebut langsung membangun kilang.

Sedangkan kebijakan pemerintah yang menggalakkan BBN untuk mengurangi impor dinilai Priagung merupakan kebijakan main-main, karena tidak memberikan efek apapun terkait ketahanan energi nasional, tidak seperti kilang. “Paket kebijakan itu basa basi, seolah itu `do something` padahal itu tidak ada,” ujarnya.

Selain itu, menurut Priagung, saat ini urusan politik telah masuk ke ranah ketahanan energi nasional, sehingga menyebabkan program pemerintah terkait kebijakan energi nasional tak berkembang.

Sebelumnya, rencana pembangunan kilang Kuwait Petroleum dan Saudi Aramco terlunta-lunta karena pemerintah menilai insentif yang mereka minta terlalu besar.(Rifai/ha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: