Robert Tantular Serahkan Tiga Bukti Kasus Century


SENIN, 30 SEPTEMBER 2013 | 14:37 WIB

Robert Tantular Serahkan Tiga Bukti Kasus Century

Mantan Direktur Utama Bank Century, Robert Tantular. TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.COJakarta – Robert Tantular, mantan pemilik Bank Century mengaku bakal menyerahkan sejumlah bukti dugaan rekayasa dana talangan Bank Century ke Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin, 30 September 2013. Pengacara Robert, Andi Simangunsong,  mengatakan bukti ini adalah data pendukung yang menguatkan bahwa Century tidak perlu disuntik dana talangan hingga Rp 6,7 triliun.

“Selama ini ada yang beranggapan Rp 6,7 triliun dinikmati oleh pak Robert sendiri,  sekarang kami minta bantuan KPK untuk mengusutnya,” ujar Andi saat mendampingi kliennya diperiksa sebagai saksi kasus Century di KPK.

Andi menjelaskan tiga bukti yang akan diserahkan kliennya ke penyidik KPK adalah surat pernyataan dari manajemen Century pada 30 Oktober 2008 yang menyebutkan bahwa bank tersebut hanya membutuhkan Rp 1 triliun untuk mengatasi kesulitan dana likuiditas karena imbas krisis ekonomi global 2008.

Kedua,  letter of intent dari  Sinar Mas tanggal 16 November 2008 yang ingin mengambil alih  Century. Apabila keinginan  itu dipenuhi, kata Andi, negara tidak perlu menggelontorkan dana hingga Rp 6,7 triliun. “Seharusnya masalah ini menjadi urusan antara swasta dengan swasta dan penyelamatan dilakukan dengan uang swasta sendiri,” ucapnya.

Bukti ketiga, Andi melanjutkan, adalah bukti berupa pernyataan pemegang saham yang ditandatangani dalam sebuah berkas  Century bahwa pada saat dinyatakan bank itu diambil alih oleh Lembaga Penjamin Simpanan,  Robert memiliki kewajiban untuk menyetor dana sebanyak 20 persen dari yang dibutuhkan Century untuk kembali normal. Namun,  pemerintah tetap ngotot mengambil alih dengan menguncurkan dana talangan secara keseluruhan.

Dari bukti-bukti tersebut, pengacara Andi meminta KPK betul-betul mengusut aliran dana talangan tersebut. Andi meminta KPK menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan untuk mencari tahu ke mana duit tersebut mengalir. “Apakah tersebar memang untuk operasional bank Century atau ada pihak lain yang menikmati,” uja dia.

TRI SUHARMAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: